Partai Narendra Modi Kalah di Wilayah Kunci Pemilu India

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 08:25 WIB
Partai Bharatiya Janata yang mendukung Perdana Menteri India, Narendra Modi, kalah dalam pemilu di beberapa negara bagian. Ilustrasi kampanye pemilu India. (REUTERS/RUPAK DE CHOWDHURI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mendukung pemerintahan Perdana Menteri India, Narendra Modi, kalah dalam pemilu di beberapa negara bagian.

Dilansir Associated Press, Selasa (4/5), Partai BJP dilaporkan kalah dalam pemilu di negara bagian West Bengal. Mereka tidak mampu menumbangkan politikus Mamata Banerjee yang menjadi calon petahana Menteri Besar negara bagian itu.

Dalam hasil penghitungan suara akhir, Banerjee yang didukung Partai Kongres Trinamool Seluruh India meraih 213 kursi dari 292 kursi di parlemen. Sedangkan BJP hanya meraih 77 kursi, dan sisanya dikuasai partai lain.


Selain itu, BJP juga gagal meraih kemenangan dalam pemilu di negara bagian Tamil Nadu dan Kerala. Akan tetapi, mereka berhasil mengamankan masa kepemimpinan periode kedua di negara bagian Assam dan wilayah persatuan Puducherry.

Kekalahan BJP di West Bengal yang menjadi wilayah kunci dalam perpolitikan India cukup mencoreng citra Modi. Diduga hal itu ada kaitannya dengan lonjakan kasus infeksi virus corona yang saat ini terjadi di negara itu.

"Kekalahan di West Bengal melemahkan posisi Modi," kata seorang analis politik India, Nilanjan Mukhopadhyay.

Sementara itu, Partai Kongres yang saat ini dipimpin Sonia Gandhi kalah dari BJP dalam pemilu di Assam, dan tumbang dari Partai Komunis India dalam pemilu di negara bagian Kerala.

Modi dan BJP mencoba meluaskan pengaruh mereka dari wilayah mayoritas Hindu dalam pemilihan umum daerah tahun ini, dengan menargetkan untuk merebut suara di wilayah yang dihuni oleh pemeluk Muslim yang merupakan minoritas.

Akan tetapi, BJP yang beraliran nasionalis Hindu dituduh memantik perdebatan dan memicu sikap diskriminasi terhadap kelompok minoritas berbasis agama.

Selain itu, Modi berambisi menjadikan BJP sebagai kekuatan politik untuk menggeser pamor Partai Kongres yang memerintah India selama enam dasawarsa sejak merdeka dari Inggris pada 1947.

(ayp/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK