Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad yang Belum Pernah Dilihat

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 21:22 WIB
Pemerintah Arab Saudi merilis sejumlah foto baru Hajar Aswad atau Black Stone yang ada di Kabah, Masjidil Haram, Mekah, untuk pertama kalinya. Suasana Mekah sambut jemaah haji kala pandemi. (Saudi Ministry of Media via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Arab Saudi merilis sejumlah foto baru Hajar Aswad atau Black Stone yang ada di Kabah, Masjidil Haram, Mekah, untuk pertama kalinya.

Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merilis foto close-up resolusi tinggi Hajar Aswad untuk pertama kalinya.

Dengan teknologi Fox Stack Panorama, foto-foto itu diambil dari berbagai tingkat kejelasan berbeda sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan akurat beresolusi tinggi.


Dikutip Gulf Today, butuh waktu tujuh jam dengan 1.050 gambar demi mendapatkan foto beresolusi 49 ribu megapixel itu.

Selain pengambilan foto yang cukup rumit, proses editing gambar-gambar itu pun juga membutuhkan waktu hingga 50 jam.

Hajar Aswad terletak di sudut tenggara Kabah. Batu yang menurut kepercayaan umat Muslim berasal dari surga itu menjadi titik awal-akhir saat menjalankan tawaf.

Batu bersejarah itu berwarna kemerah-merahan dengan diameter 30 sentimeter dan dikelilingi bingkai perak murni untuk mengawetkannya.

Bagi para jemaah yang melakukan umrah, dianjurkan menyentuhkan tangannya ke Hajar Aswad dan menciumnya.

Secara terpisah, Saudi juga mengumumkan akan mengizinkan pelaksanaan ibadah umrah dan salat di Masjidil Haram bagi warganya yang telah di vaksin virus corona.

Saudi menuturkan ada tiga kategori orang akan dianggap telah divaksin, yaitu mereka yang telah menerima dua dosis vaksin, mereka yang diberikan dosis tunggal setidaknya 14 hari sebelum umrah, dan orang yang telah sembuh dari infeksi Covid-19.

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengizinkan 50 ribu jemaah umrah selama Ramadhan tahun ini.

Sementara itu, Saudi juga mengizinkan sekitar 100 ribu jemaah di luar ibadah umrah salat di Masjidil Haram, Mekah.

(rds/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK