6 Negara Asia dengan Lonjakan Kasus Covid-19 Selain India

adp, CNN Indonesia | Sabtu, 08/05/2021 15:14 WIB
Selain India, sejumlah negara di Asia juga tengah mengalami peningkatan kasus Covid-19, termasuk negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia. Selain India, sejumlah negara di Asia juga tengah mengalami peningkatan kasus Covid-19, termasuk negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia. (Foto: REUTERS/NAVESH CHITRAKAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

India bukan satu-satunya negara Asia yang mengalami peningkatan drastis Covid-19 pada gelombang kedua virus corona. Sejumlah negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara turut mengalami hal serupa.

"Wilayah Asia Tenggara melaporkan lebih dari 2,7 juta kasus baru dan lebih 25 ribu, masing-masing meninggal 19 persen dan 48 persen dibandingkan dengan minggu lalu," pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (5/5) lalu, sebagaimana dilansir CNN.

Peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan juga terjadi di Nepal, Sri Lanka, dan Maladewa yang termasuk dalam wilayah Asia Selatan. Sementara, di wilayah Asia Tenggara ada Thailand, Kamboja, dan Indonesia.


1. Nepal

Peningkatan kasus Covid-19 harian di Nepal mulai terjadi pada pertengahan bulan April lalu. Hal itu disebabkan acara publik, festival, kegiatan politik, dan pernikahan yang megumpulkan banyak orang dalam satu tempat.

Selain itu, sejumlah orang menilai peningkatan tersebut merupakan dampak gelombang kedua virus corona yang melanda India. Terlebih, dua negara ini berbatasan darat sehingga ada warga India yang melarikan diri ke Nepal.

2. Sri Lanka

Sri Lanka yang juga berdekatan dengan India juga mengalami hal serupa. Pada Jumat (7/5) kemarin kasus Covid-19 harian di Sri Lanka mencapai 1.895, angka ini meningkat hampir lima kali lipat dari kasus harian pada awal April lalu.

3. Maladewa

Sementara itu, Badan Perlindungan Kesehatan Maladewa melaporkan kasus positif Covid-19 sebanyak 601 pada Selasa (4/5) kemarin. Negara yang bergantung pada pariwisata ini masih menerima bintang Bollywood dan orang kaya India yang melarikan diri dari negaranya.

4. Thailand

Terlepas dari negara yang berdekatan dengan India, sejumlah negara di Asia Tenggara juga mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan, salah satunya Thailand yang saat ini menempati peringkat ke-32 negara terbanyak positif Covid-19.

Sampai 31 Maret lalu Thailand melaporkan 28.863 kasus positif Covid-19. Dalam lima pekan berikutnya angka tersebut meningkat menjadi lebih dari 76.000. Bahkan pada hari Jumat (7/5) kemarin terdapat 1.911 kasus baru.

5. Kamboja

Kejadian serupa dialami Kamboja meski tidak sebanyak Thailand. Sejak akhir Februari lalu kasus harian Covid-19 di Kamboja mencapai ratusan hingga akumulasi positif Covid-19 mencapai 17.621.

"Terlepas dari usaha terbaik kami, kami berjuang untuk mengendalikan virus. Terkecuali kami bisa menghentikan wabah, sistem kesehatan Kamboja terancam kewalahan, yang bisa menghancurkan," kata Perwakilan WHO untuk Kamboja Li Ailan.

6. Indonesia

Indonesia juga menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang mengalami peningkatan kasus. Awal pekan ini Kementerian Kesehatan mengumumkan ada dua orang yang terinfeksi Covid-19 varian B.1.617.

Dalam beberapa pekan belakangan kasus harian Covid-19 di Indonesia mencapai 5.000. Pemerintah khawatir angka tersebut akan meningkat lantaran masih ada warga yang mudik Lebaran meski dilarang pemerintah.

(adp/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK