Libur Idulfitri, Taliban Umumkan Gencatan Senjata 3 Hari

CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 05:37 WIB
Taliban mengumumkan gencatan senjata tiga hari di Afghanistan untuk menandai liburan Idulfitri pekan ini. Taliban mengumumkan gencatan senjata tiga hari di Afghanistan untuk menandai liburan Idulfitri pekan ini.Ilustrasi perang di Afganistan. (AP/David Guttenfelder).
Jakarta, CNN Indonesia --

Taliban mengumumkan gencatan senjata tiga hari di Afghanistan untuk menandai liburan Idulfitri pekan ini.

Pengumuman ini hanya dua hari berselang setelah pemerintah menyalahkan pemberontak atas bom di luar sekolah yang menewaskan lebih dari 50 orang, sebagian besar perempuan muda.

"Mujahidin Imarah Islam diinstruksikan untuk menghentikan semua operasi ofensif terhadap musuh di seluruh negeri dari hari pertama hingga hari ketiga Idulfitri," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Taliban, dikutip dari AFP, Senin (10/5).


Idulfitri menandai berakhirnya bulan puasa umat Islam di bulan Ramadan.

Sebelumnya, terjadi ledakan yang disebabkan oleh bom mobil di luar sekolah di wilayah Kabul, Afganistan menewaskan sedikitnya 55 orang dan melukai lebih dari 150 orang.

Taliban diduga menjadi dalang di balik kejadian tersebut. Para pejabat Afghanistan mengatakan Taliban telah meningkatkan serangan di seluruh negeri setelah pengumuman itu.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan kemarin. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membantah kelompok itu terlibat dan mengutuk insiden itu.

Meskipun Ghani menyalahkan Taliban, ledakan hari Sabtu terjadi di lingkungan Muslim Syiah yang telah menghadapi serangan brutal oleh militan ISIS selama bertahun-tahun, termasuk ledakan di bangsal bersalin hampir persis setahun yang lalu.

(AFP/age)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK