Ohio Gelar Undian Vaksin Berhadiah Rp14,3 Miliar

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 08:31 WIB
Gubernur Ohio Mike DeWine menawarkan undian berhadiah US$1 juta bagi warga yang telah disuntik vaksin covid-19. Undian diberikan tiap 5 minggu. Gubernur Ohio Mike DeWine menawarkan undian berhadiah US$1 juta bagi warga yang telah disuntik vaksin covid-19. Undian diberikan tiap 5 minggu. (AFP/Justin Merriman).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ohio, salah satu negara bagian di Amerika Serikat (AS), menawarkan undian berhadiah US$1juta (sekitar Rp14,3 miliar) untuk mereka yang telah disuntik vaksin covid-19. Melalui akun Twitter resmi, Gubernur Ohio Mike DeWine menyebut negara bagiannya akan memberikan hadiah tiap minggu selama lima pekan berturut-turut.

Undian ini terbuka untuk penduduk berusia 18 tahun dan setidaknya sudah menerima satu dosis vaksin.


"'Saya tahu sebagian mungkin berkata, "DeWine, kamu gila! Ide undian jutaan dolar AS ini buang-buang uang'. Namun sebenarnya, kesia-siaan di pandemi ini - ketika vaksin tersedia bagi siapa saja yang menginginkannya - adalah nyawa yang hilang karena Covid-19," kicau DeWine dilansir AFP, Kamis (13/5).

Mulai 26 Mei 2021, pihaknya akan mengumumkan pemenang undian. Kemudian, untuk selanjutnya, tiap Rabu akan ada pengumuman pemenang.

Undian akan dieksekusi Ohio Lottery dan disponsori oleh Departemen Kesehatan Ohio. Ia menyebut sumber dana untuk kegiatan ini berasal dari Coronavirus Relief Funds.

Sementara itu, negara bagian juga menawarkan undian untuk anak-anak di bawah 17 tahun yang divaksin.

Mereka bisa memenangkan beasiswa empat tahun penuh ke salah satu universitas negeri di Ohio. Hadiah ini terbilang fantastis sebab biaya pendidikan di sana mahal.

FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) memperpanjang persetujuan vaksin Pfizer/BioNTech untuk remaja usia 12-15 tahun pada Senin (10/5).

Awalnya, warga AS terlihat buru-buru menerima vaksin. Sekitar 58,7 persen orang dewasa sudah menerima satu dosis pertamanya.

Namun, semangat vaksinasi ini menurun terlihat dari jumlah dosis harian. Mereka yang belum vaksin ragu-ragu untuk menerima vaksin.

Berbagai upaya dikerahkan negara-negara bagian. Bulan ini, Maryland mengumumkan bahwa pegawai negeri akan menerima US$100 (sekitar Rp1,4 juta) jika mereka divaksin.

Di West Virginia, jumlah yang sama ditawarkan sebagai bonus tabungan untuk warga berusia 16-35 tahun. Di sana, kelompok usia ini lebih enggan untuk menerima vaksin.

(els/bir)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK