Juni, Covid Malaysia Bisa 8 Ribu Sehari jika Abai Protkes

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 05:40 WIB
Kemenkes Malaysia memperingatkan kasus Covid-19 di negaranya bisa mencapai 8 ribu per hari pada Juni mendatang jika warganya tak menaati protokol kesehatan. Ilustrasi. (Reuters/Amanda Perobelli)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan Malaysia memperingatkan bahwa kasus Covid-19 di negaranya bisa mencapai 8 ribu per hari pada Juni mendatang jika warganya tak menaati protokol kesehatan.

Kemenkes Malaysia menarik kesimpulan ini setelah melakukan pemodelan data terbaru. Berdasarkan model data itu, potensi peningkatan kasus harian Covid-19 kian tinggi dalam sepekan belakangan.

Pada pekan lalu, proyeksi data Kemenkes Malaysia menunjukkan kasus Covid-19 di negaranya bisa mencapai 5 ribu sehari pada Juni mendatang.


Channel NewsAsia melaporkan bahwa angka rata-rata ini meningkat sekitar 1.000 kasus per hari ketimbang pekan ini. Pada Jumat (14/5), Malaysia melaporkan 4.114 kasus Covid-19 baru.

Melihat peningkatan potensi ini, Kemenkes Malaysia pun mengimbau warganya untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Saat ini, Malaysia sendiri sedang menerapkan lockdown untuk ketiga kalinya sejak pandemi melanda tahun lalu.

[Gambas:Video CNN]

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengatakan bahwa saat ini ada 461 klaster penularan Covid-19 aktif di negaranya yang harus diwaspadai.

Sebagaimana dilansir Reuters, secara keseluruhan Malaysia sudah melaporkan 462.190 kasus Covid-19 sejak pandemi merebak tahun lalu. Kini, ada 41.471 kasus Covid-19 aktif di Malaysia.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK