Hamas Terus Kirim Rudal Serang Israel

ayp/ayp, CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 07:41 WIB
Kelompok Hamas di Jalur Gaza, Palestina, terus meluncurkan serangan roket ke arah Israel pada Senin (17/5) kemarin. Ilustrasi sistem anti-rudal Israel mencegat roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza. (REUTERS/NIR ELIAS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok Hamas di Jalur Gaza, Palestina, terus meluncurkan serangan roket ke arah Israel pada Senin (17/5) kemarin.

Dari rekaman video yang diperoleh Associated Press, Selasa (18/5), serangan roket dari Jalur Gaza ke arah Israel dilakukan pada malam hari.

Roket dari Jalur Gaza itu mengarah ke kawasan selatan Israel. Israel mengklaim berhasil menangkis sebagian besar serangan roket dari Hamas atau kelompok milisi lain di Jalur Gaza, Jihad Islam.


Menurut Israel sampai saat ini ada lebih dari 3.200 roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.

Israel kemudian membalas serangan roket itu dengan membombardir Jalur Gaza melalui serangan udara.

Serangan udara Israel ke Jalur Gaza kemarin menghantam sembilan rumah petinggi Hamas, menghancurkan gedung Kementerian Agama Hamas setinggi lima tingkat, dan mengubur terowongan sepanjang 15 kilometer yang diduga dibangun oleh anggota sayap militer Hamas, Brigade Izzudin Al-Qassam.

Sampai saat ini tercatat ada 212 penduduk Jalur Gaza, Palestina, meninggal akibat serangan Israel.

Dari jumlah korban meninggal itu, 61 orang adalah anak-anak dan 36 orang merupakan perempuan. Kemudian korban luka-luka saat ini mencapai lebih dari 1.400 orang.

Sementara itu korban jiwa di pihak Israel dalam peristiwa saling serang dengan Hamas mencapai sepuluh orang. Di antaranya adalah seorang perawat asal India, seorang anak berusia lima tahun dan seorang tentara.

Peperangan antara Israel dan Hamas meletus pada 10 Mei, beberapa hari sebelum Idulfitri. Alasan Hamas menggelar serangan roket adalah membalas sikap aparat keamanan Israel yang menghalangi dan menyerang warga Palestina yang tengah beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Selain itu, mereka juga membalas sikap pemukim ilegal Israel yang hendak mengusir para penduduk Palestina yang menetap di kawasan Sheikh Jarrah, sebelah timur Yerusalem.

Sedangkan Israel menyatakan membalas serangan Hamas dan berupaya melindungi penduduknya dari aksi teroris.

(ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK