Sejarah Berdirinya PBB: Pengertian, Tujuan, dan Anggota

tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 13:32 WIB
Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB (United Nations) adalah organisasi internasional terbesar di dunia. Berikut sejarah berdirinya PBB. Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB (United Nations) adalah organisasi internasional terbesar di dunia. Berikut sejarah berdirinya PBB.(Foto: Istockphoto/Chelovek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB adalah organisasi internasional terbesar di dunia yang diikuti oleh 193 negara anggota. PBB dikenal juga dengan nama United Nations atau UN.

Sejarah berdirinya PBB dimulai setelah Perang Dunia II. Saat itu, tujuan PBB adalah untuk mencegah konflik dan perang serupa terjadi lagi.

PBB didirikan pada 24 Oktober 1945 sebagai pengganti Liga Bangsa-Bangsa.


Pengertian PBB

Retno L Marsudi di Sidang Umum PBBSejarah berdirinya PBB berawal dari Perang Dunia II. PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada 24 Oktober 1945.(Foto: Dok. Kemenlu)

PBB adalah organisasi internasional antar pemerintah yang bertujuan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, membina hubungan persahabatan antar bangsa, dan membangun kerjasama internasional.

Anggota PBB

Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota. Saat ini, PBB memiliki 193 negara anggota. Jumlah ini, hampir mencakup seluruh negara di dunia.

Negara terakhir yang bergabung dengan PBB adalah Sudan Selatan pada 2011 lalu. Indonesia menjadi anggota PBB pada 28 September 1950.

Tujuan PBB

Fujian, China - November 28, 2016: United Nations flag  blowing in the wind.  The United Nations (UN) is an international organization whose stated aims are facilitating cooperation in international law, international security, economic development, social progress, human rights, and achievement of world peace.Tujuan PBB adalah untuk menjaga perdamaian di seluruh dunia. Anggota PBB saat ini mencapai 193 negara. (Foto: Istockphoto/ Baona)

PBB memiliki empat tujuan utama. Berikut tujuan utama PBB.

  1. Menjaga perdamaian di seluruh dunia.
  2. Mengembangkan hubungan persahabatan antar negara.
  3. Membantu negara-negara bekerja sama untuk meningkatkan kehidupan orang-orang miskin, mengatasi kelaparan, penyakit dan buta huruf, dan mendorong penghormatan terhadap hak dan kebebasan satu sama lain.
  4. Menjadi pusat harmonisasi tindakan bangsa untuk mencapai tujuan tersebut.

Tak hanya fokus pada perdamaian, organisasi ini juga menangani berbagai masalah mulai dari pembangunan berkelanjutan, pengungsi, bantuan bencana, penanggulangan terorisme, pelucutan senjata, hingga mempromosikan demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan kemajuan perempuan. 

Struktur Organisasi

PBB memiliki 5 organ utama yakni Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Mahkamah Internasional, dan Sekretariat PBB.

Empat organ utama PBB terletak di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. Sedangkan, Mahkamah Internasional berada di Den Haag, Belanda.

Melalui forum-forum ini, PBB memfasilitasi setiap negara anggota untuk mengungkapkan pandangan mereka terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Itulah sejarah berdirinya PBB disertai dengan tujuan PBB, anggota PBB, dan struktur organisasi PBB.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK