Dua Kapal Tanker Iran Dibebaskan Setelah Ditahan RI 4 Bulan

CNN Indonesia | Senin, 31/05/2021 21:00 WIB
Indonesia membebaskan salah satu kapal tanker milik Iran, MT Horse, setelah ditahan empat bulan lantaran dugaan transfer minyak secara ilegal. Ilustrasi kapal tanker Iran, MT Horse. (ANTARAFOTO/Teguh Prihatna)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia membebaskan dua kapal tanker milik Iran pada pekan lalu, setelah ditahan empat bulan lantaran dugaan transfer minyak secara ilegal di perairan RI.

Juru Bicara Badan Keamanan Laut (BAKAMLA), Kolonel Wisnu Pramandita, mengatakan kapal tanker berbendera Iran, MT Horse dan MT Freya, dibebaskan pada hari Jumat (28/5) pekan lalu. Pembebasan itu dilakukan setelah ada keputusan dari pengadilan.

Menurut Wisnu, kapal MT Horse dapat meninggalkan Indonesia sesuai aturan pengadilan. Sementara itu, kapten kapal tanker akan dikenai sanksi kurungan masa percobaan dua tahun tanpa denda.


BAKAMLA menangkap kapal tanker karena diduga melakukan transfer minyak secara ilegal di perairan Indonesia pada 24 Januari lalu. Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan perkara yang membelit kapal itu sudah berakhir.

"Itu hanya masalah teknis dan terjadi di bidang perkapalan," kata Kemenlu Iran, mengutip Reuters.

Pemerintah Iran menyebut kapal itu melanjutkan misinya sebelum kembali ke negara itu.

"MT Horse termasuk dalam Perusahaan Kapal Tanker Nasional Iran yang ditangkap di perairan Indonesia sejak 24 Januari, telah dibebaskan pada hari Jumat," demikian isi pernyataan Iran.

"Kapal ini sekarang kembali melanjutkan misinya sebelum balik ke negara asal," imbuhnya.

Menurut media informasi Kementerian Energi Iran, SHANA, menyebut seluruh kru kapal tanker MT House bertugas untuk melindungi kepentingan negara.

"Kru MT House, dengan penderitaannya dan tekad yang kuat mereka mengejar misi, melindungi kepentingan nasional Iran dalam mempertahankan ekspor produk minyak dan minyak bumi," demikian isi laporan SHANA.

Iran dituduh menyembunyikan tujuan penjualan minyak dengan menonaktifkan sistem pelacakan di kapal tanker itu. Akibat tindakan itu, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi embargo ekspor minyak kepada Iran.

Tahun lalu Iran juga mengutus MT Horse untuk mengirim minyak mentah sebanyak 2.1 juta barrel Venezuela, yang juga disanksi AS.

(isa/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK