KILAS INTERNASIONAL

Jet Malaysia Cegat Pesawat China hingga WHO Setujui Sinovac

CNN Indonesia | Rabu, 02/06/2021 06:35 WIB
Malaysia kerahkan jet tempur demi cegat pesawat Militer China hingga WHO setujui vaksin Sinovac untuk penggunaan darurat, ramaikan berita internasional, Selasa. Ilustrasi jet tempur China. (Alert5 via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (1/6). Mulai dari Malaysia kerahkan jet tempur untuk cegat pesawat Militer China hingga WHO setujui vaksin Sinovac untuk penggunaan darurat.

1. Malaysia Kerahkan Jet Cegat Pesawat Militer China

Angkatan udara Malaysia pada Selasa (1/6) mengerahkan jet untuk mencegat 16 pesawat militer China di lepas pantai Negeri Jiran yang berdekatan dengan di Laut China Selatan.


Seorang pejabat di Malaysia mengatakan aksi pencegatan dilakukan karena 16 pesawat China itu dinilai negaranya bisa mengancam kedaulatan nasional.

Sebanyak 16 pesawat militer China pada Senin (31/6) kemarin disebut Malaysia telah menerobos wilayah mereka yang berada di Pulau Kalimantan tepatnya berada di atas perairan, di mana China dan mereka sama-sama memiliki klaim teritorial yang sama.

Angkatan udara Malaysia dalam pernyataan mereka menyebut pesawat angkut angkatan udara China itu mendekati wilayah udara Malaysia dengan "formasi taktis" dan terbang dalam jarak sekitar 60 mil laut dari pantai.

2. Junta Militer Buka Lagi Sekolah, Guru dan Siswa Menolak Hadir

Sekolah-sekolah di Myanmar akan dibuka pada hari Selasa (1/6) untuk pertama kalinya sejak militer merebut kekuasaan, tetapi para guru dan siswa akan menentang seruan junta untuk mengisi penuh ruang kelas sebagai bentuk perlawanan.

Kondisi Myanmar dalam kekacauan selama empat bulan, berikut penggulingan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada Februari, dengan lebih dari 800 orang tewas oleh pasukan keamanan dan pemogokan nasional yang melumpuhkan ekonomi.

Guru sekolah umum - berseragam hijau dan putih yang diamanatkan oleh kementerian pendidikan - menonjol dalam protes massa awal, bergabung dengan pekerja kereta api, dokter dan pegawai negeri di jalanan.

3. WHO Setujui Vaksin Sinovac untuk Penggunaan Darurat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (1/6) ini menyetujui vaksin Sinovac untuk penggunaan darurat. Dengan persetujuan itu, Sinovac menjadi vaksin kedua asal China kedua yang menerima lampu hijau dari WHO.

"WHO hari ini memvalidasi vaksin Sinovac-CoronaVac Covid-19 untuk penggunaan darurat," kata WHO dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP, Selasa (1/6).

Langkah WHO ini memberi negara, penyandang dana, lembaga pengadaan dan masyarakat kepastian bahwa vaksin itu memenuhi standar internasional untuk keamanan, kemanjuran, dan manufaktur.

WHO pada bulan lalu juga memberikan persetujuan penggunaan vaksin Sinopharm. Itu merupakan vaksin China pertama yang disetujui oleh WHO.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK