Dua Pilot Jet Tempur F-5 Iran Tewas Usai Terlontar Keluar

CNN Indonesia | Rabu, 02/06/2021 07:30 WIB
Dua pilot jet tempur F-5 Iran tewas setelah setelah terlontar keluar sesaat sebelum pesawat yang mereka tumpangi lepas landas. Ilustrasi jenazah. (Istockphoto/Rich Legg)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua pilot jet tempur F-5 Iran tewas setelah setelah terlontar keluar sesaat sebelum pesawat yang mereka tumpangi lepas landas.

Dikutip dari Russia Today, kursi pelontar jet tempur itu diduga mengalami masalah teknis.

Kantor berita Iran, IRNA seperti diberitakan AFP menyebut insiden itu terjadi di pangkalan udara Vahdati, kota Dezful, Selasa (1/6).


Gubernur kota Dezful Ali Farahmandpour mengatakan kecelakaan itu terjadi sebelum pesawat F-5 yang mereka tumpangi lepas landas.

Farahmandpour menegaskan insiden itu terjadi darat, bukan kecelakaan dalam penerbangan. "Jet itu tidak rusak," kata Farahmandpour kepada IRNA dilansir Xinhua.

Dia mengatakan rincian lebih lanjut mengenai penyebab kecelakaan akan diumumkan setelah penyelidikan.

"Rincian lebih lanjut tentang insiden ini dan pilot yang gugur akan diinformasikan melalui pangkalan angkatan udara keempat Dezful," ujarnya.

Hingga kini belum diketahui berapa usia jet tempur itu

Angkatan bersenjata Iran masih mengoperasikan pesawat yang dibeli dari Amerika Serikat sebelum Revolusi Islam tahun 1979 di mana sanksi internasional membuat mereka kesulitan membeli suku cadang untuk pemeliharaan.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK