Kronologi Jet Tempur Malaysia Cegat Pesawat Militer China

dea, CNN Indonesia | Rabu, 02/06/2021 09:25 WIB
Militer Malaysia mengerahkan jet tempur untuk mencegat 16 pesawat militer China di lepas pantai Negeri Jiran, dekat Laut China Selatan. Ilustrasi jet tempur China. (AFP PHOTO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Militer Malaysia mengerahkan jet tempur untuk mencegat 16 pesawat militer China di lepas pantai Negeri Jiran, dekat Laut China Selatan.

Sebanyak 16 pesawat militer China dilaporkan menerobos wilayah Malaysia di Pulau Kalimantan tepatnya di atas perairan yang disengketakan, Senin (31/5).

Baik Malaysia maupun China sama-sama mengklaim wilayah itu.


Malaysia mengatakan bahwa pesawat militer China itu mendekati wilayah udara mereka dengan "formasi taktis" dan terbang dalam jarak sekitar 60 mil laut dari pantai.

Seorang pejabat di Malaysia mengatakan pencegatan dilakukan karena 16 pesawat China itu bisa mengancam kedaulatan nasional.

Militer Malaysia mengaku sudah berupaya menghubungi pesawat tersebut namun mereka terus mendekat.

Angkatan udara Malaysia pun langsung mengirim jet tempur untuk mencegat dan mengidentifikasi belasan pesawat China itu.

Angkatan udara Malaysia menganggap aksi pesawat tempur China itu mencurigakan.

"Insiden ini merupakan masalah serius dalam hal kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan, karena wilayah itu merupakan tempat yang sibuk untuk pesawat," kata pejabat Malaysia seperti dikutip dari AFP, Selasa (1/6).

China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Bahkan, mereka telah membangun banyak pos militer di pulau-pulau kecil dan atol. Langkah China itu membuat marah negara lain yang juga mengklaim memiliki perairan tersebut.

Protes China

Kementerian Luar Negeri Malaysia akan memanggil duta besar China di Kuala Lumpur untuk melayangkan nota protes diplomatik atas insiden penyusupan itu.

Dikutip Reuters, Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan insiden itu sebagai ancaman serius bagi kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan.

Terlebih, kata Hishammuddin, pesawat China tidak merespons komunikasi yang disampaikan angkatan udara Malaysia.

"Sikap Malaysia jelas, memiliki hubungan diplomatik yang bersahabat dengan negara mana pun tidak berarti bahwa kami akan berkompromi dengan keamanan nasional kami," kata Hishammuddin.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK