1.400 Penerbangan di AS Ditunda Akibat Gangguan Data Cuaca

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 18:25 WIB
Maskapai menyatakan gangguan teknis penyediaan data cuaca berakibat penundaan lebih dari 1.400 penerbangan domestik di Amerika Serikat (AS), Senin (14/6). Ilustrasi penerbangan. (Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia --

Maskapai Southwest Airlines menyatakan gangguan teknis penyediaan data cuaca yang mengakibatkan penundaan lebih dari 1.400 penerbangan domestik di Amerika Serikat (AS), Senin (14/6).

Penyediaan data cuaca itu sendiri baru mulai normal kembali pada Selasa dini hari waktu setempat setelah sempat terputus alias padam.

"Penyedia data cuaca pihak ketiga kami mengalami masalah kinerja intermiten pada awal malam ini mencegah transmisi informasi cuaca yang diperlukan untuk mengoperasikan pesawat-pesawat kami dengan aman," demikian pernyataan maskapai yang berbasis di kota Dallas tersebut seperti dikutip dari AFP.


Atas dasar itulah, lebih dari seribu penerbangan yang harusnya terlayani pada hari itu pun ditunda demi melindungi keselamatan awak penerbangan juga para penumpang.

Merujuk pada situs Flightaware.com, penerbangan yang ditunda (delay) itu mencapai 1.412  dan ada 41 yang dibatalkan.

Kacaunya penerbangan pada awal pekan itu pun membuat penumpukan penumpang di bandara-bandara AS yang melayani Southwest Airlines. Salah satunya dikeluhkan selebritas Jonica Booth.

"Orang-orang di bandara ini menangis...Mereka mau pulang," ujar aktris tersebut via akun Twitter-nya.

(AFP/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK