Lawan Covid-19, Greenland Tutup Sementara Penerbangan

CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 02:05 WIB
Greenland menutup sementara penerbangan dari dan ke ibu kota, Nuuk, untuk menekan penyebaran virus corona. Greenland menutup sementara penerbangan dari dan ke ibu kota, Nuuk, untuk menekan penyebaran virus corona. Ilustrasi. (Istockphoto/donwogdo).
Jakarta, CNN Indonesia --

Greenland menutup sementara penerbangan dan perjalanan laut dari ibu kotanya, Nuuk. Langkah itu diambil menyusul munculnya kasus covid-19 di Pulau Arktik setelah berbulan-bulan tanpa kasus.

Dilansir dari AFP, Selasa (15/6), media lokal melaporkan wilayah otonom Denmark itu berhasil mencegah penyebaran kasus di awal dengan menerapkan pembatasan yang ketat seperti karantina.

Namun, jumlah kasus melonjak selama beberapa pekan terakhir.


Dari 49 kasus yang tercatat sejak awal pandemi, 9 diantaranya aktif saat ini di wilayah yang hanya berpenduduk 56 ribu jiwa itu.

Dalam wawancara dengan televisi lokal, Kepala Medis Greenland Henrik Hansen mengatakan penutupan sementara itu diambil setelah 5 kasus covid-19 terdeteksi awal pekan ini.

"Kita ada penyebaran infeksi di Nuuk dan satu terinfeksi di Ilulissat," ujar Henrik dalam paparannya seperti dilaporkan koran Greenlandic Sermitsiaq yang dikutip oleh Reuters.

Mengutip laman Greenland Travel, pesawat dan kapal laut menjadi pilihan utama dalam melakukan perjalanan antarkota di Greenland. Sebab, jarak antar wilayah cukup jauh dan tidak ada jalan raya.

(sfr/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK