Pertemuan Biden dan Putin Mulai Berlangsung di Jenewa

CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 19:06 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kali pertama bertemu dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Jenewa, Swiss. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden di Jenewa, Swiss. (AP/Alexander Zemlianichenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kali pertama bertemu dalam sebuah pertemuan bilateral yang berlangsung di Jenewa, Swiss, Rabu (16/6).

Seperti dilansir dari CNN, dialog bilateral dua kepala negara adidaya dunia itu pun disambut Presiden Swiss Guy Parmelin di luar vila tempat pertemuan berlangsung.

Parmelin dalam sambutan singkatnya mengaku berharap Putin dan Biden menghasilkan sebuah dialog yang bermanfaat, bukan hanya untuk kedua negara juga bagi dunia.


Untuk pertemuan yang berlangsung di vila yang dibangun pada abad ke-18 tersebut, Biden tiba lebih dulu lalu disusul Putin. 

Putin sendiri dinilai luar biasa bisa tiba tepat waktu untuk pertemuan tersebut. Di kalangan jurnalis, mengutip dari CNN, Putin dikenal kerap datang terlambat untuk sebuah kegiatan penting.

Contohnya: Saat bertemu Presiden AS sebelumnya, Donald Trump, Putin datang telat setidaknya hingga sekitar 45 menit dari jadwal. Kemudian saat bertemu Presiden AS Barack Obama pada 2009 dan 2012, Putin baru datang sekitar 40 dan 45 menit dari jadwal.

Begitupun dalam pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych yang menunggu hampir sekitar empat jam masing-masing pada 2014 dan 2012. Bahkan, Paus pun harus menunggu sekitar satu jam dari yang dijadwalkan sebelum Putin tiba di tempatnya, Vatikan, pada 2015 silam.

(kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK