Xi Jinping Beri Selamat Raisi, China Siap Rangkul Iran

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 15:13 WIB
Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat atas terpilihnya Ebrahim Raisi sebagai presiden baru Iran. Presiden China Xi Jinping. (ANTHONY WALLACE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat atas terpilihnya Ebrahim Raisi sebagai presiden baru Iran.

Seperti dikutip dari Xinhua, Xi pada Senin (21/6) mengatakan bahwa China dan Iran adalah mitra strategis.

Kata dia, tahun ini tepat 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara China dan Iran.


Xi mengaku sangat menghargai perkembangan kerja sama China-Iran. Dia juga siap bekerja sama dengan Raisi untuk memperkuat komunikasi strategis bilateral.

"Mengkonsolidasikan kepercayaan politik timbal balik, dan memperluas serta memperdalam kerja sama win-win di berbagai bidang, sehingga dapat menciptakan manfaat bagi baik negara maupun rakyatnya."

China merupakan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan merupakan salah satu mitra kunci Iran. China merupakan importir utama minyak Iran. Mereka sama-sama memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan Amerika Serikat.

Raisi termasuk dalam kubu ultrakonservatif yang tidak percaya Amerika Serikat. Ia bahkan kerap menganggap AS sebagai "Setan Besar".

Dia juga salah satu oposisi Presiden Hassan Rouhani selama ini, yang memiliki pendekatan lebih moderat terhadap bangsa Barat, terutama AS.

Raisi berhasil meraih suara terbanyak dalam pilpres Iran yang digelar Jumat (18/6). Pria 60 tahun itu akan menggantikan Hassan Rouhani yang lengser setelah menjabat dua periode.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK