Jepang Gembira Sambut Kelahiran Bayi Panda Kembar

CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 17:50 WIB
Jepang bergembira menyambut bayi panda kembar yang lahir di Kebun Binatang Ueno, Tokyo, pada Rabu (23/6). Ilustrasi. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jepang bergembira menyambut bayi panda kembar yang lahir di Kebun Binatang Ueno, Tokyo, pada Rabu (23/6).

Kebun Binatang Ueno menyatakan bahwa anak dari panda bernama Shin Shin itu lahir di pagi hari. Namun, mereka belum dapat mengungkap jenis kelamin anak panda kembar itu.

"Para petugas saat ini melakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengawasi ibu dan bayi-bayinya," demikian pernyataan Kebun Binatang Ueno, seperti dikutip AFP.


Sejak masih hamil, Shin Shin sudah menarik perhatian. Kabar kehamilannya saja membuat saham restoran di sekitar Kebun Binatang Ueno melesat.

Para investor dilaporkan sudah memperkirakan kehadiran banyak pengunjung ke kebun binatang itu untuk melihat bayi kembar Shin Shin.

Saham di salah satu restoran China di dekat Kebun Binatang Ueno bahkan dilaporkan meroket hingga 30 persen.

Kebun Binatang Ueno sendiri sudah bersiap menyambut anak panda setelah Shin Shin dipertemukan dengan pasangannya Ri Ri pada awal Maret lalu.

Shin Shin dan Ri Ri juga merupakan orang tua dari seekor panda perempuan, Xiang Xiang, yang lahir pada Juni 2017 lalu. Kelahiran Xiang Xiang juga membuat Kebun Binatang Ueno ramai.

Xiang Xiang seharusnya dikembalikan ke China dua tahun setelah kelahirannya. Namun, Jepang berhasil bernegosiasi hingga pemerintah China mengizinkan Xiang Xiang tinggal di Jepang hingga akhir tahun ini.

China memang memegang kendali akan seluruh populasi panda di dunia. Mereka hanya meminjamkan panda-panda itu ke berbagai negara.

WWF memperkirakan saat ini hanya tersisa 1.800 panda di dunia, kebanyakan berhabitat di hutan bambu di China. Sekitar 600 lainnya hidup di kebun binatang di berbagai negara.

[Gambas:Video CNN]

Panda dikenal sebagai mamalia yang sulit bereproduksi. Kabar kelahiran panda pun selalu menarik perhatian dunia.

Tahun lalu, sejumlah bayi panda lahir di berbagai belahan dunia. Pada awal Juni 2020, seekor panda di Malaysia melahirkan tiga anak.

Pada Agustus 2020, seekor panda di Washington, Amerika Serikat, juga melahirkan anak. Proses kelahiran anak panda itu menarik perhatian lebih dari satu juta orang yang menyaksikan lewat Panda Cam.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK