Merkel Agendakan Kunjungan ke Lokasi Banjir Jerman

CNN Indonesia
Sabtu, 17 Jul 2021 22:18 WIB
Merkel akan melakukan perjalanan ke kota Schuld yang terkena dampak parah di negara bagian Rhineland-Palatinate. Banjir menghantam Jerman. (AP/Michael Probst)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kanselir Jerman, Angela Merkel dijadwalkan bakal mengunjungi Jerman barat yang dilanda banjir hebat yang menewaskan lebih dari 100 orang. Merkel dijadwalkan bertolak ke lokasi terdampak pada Minggu (18/7).

Merkel akan melakukan perjalanan ke kota Schuld yang terkena dampak parah di negara bagian Rhineland-Palatinate. Demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, dikutip dari AFP, Sabtu (17/7).

"Kunjungan itu akan dilakukan pada sore hari," kata juru bicara itu.


Sebelumnya, Merkel menyebut banjir itu sebagai tragedi nasional. Dia juga menjanjikan dukungan dari pemerintah untuk membantu daerah-daerah yang terkena bencana untuk membangun kembali dan memulihkan diri.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengunjungi kota Erftstadt di negara bagian barat-Rhine Westphalia pada Sabtu, untuk mengamati kerusakan dari tanah longsor besar yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Korban meninggal akibat banjir bandang di Jerman terus bertambah hingga mencapai 133 jiwa. KJRI Frankfurt mencatat 11 keluarga WNI terdampak banjir.
Mereka telah dievakuasi ke fasilitas pemerintah setempat.

"Terkait banjir di Jerman, sampai dengan 17 Juli 2021 08.00 CET dilaporkan 133 orang meninggal dunia. Tidak ada laporan korban jiwa WNI," tulis keterangan resmi KJRI Frankfurt, Sabtu (17/7).

KJRI Frankfurt berhasil menjalin komunikasi dengan 5 WNI yang sedang Ausbildung (magang) di Bad-Neuenahr. Kondisi mereka dalam keadaan selamat.

(ain/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER