Kasus Corona di Prancis Melonjak 150 Persen Sepekan Terakhir

CNN Indonesia | Rabu, 21/07/2021 00:55 WIB
Kasus corona di Prancis melonjak 150 persen dalam sepekan terakhir. Lonjakan itu belum pernah terjadi sebelumnya. Kasus corona di Prancis melonjak 150 persen pada sepekan terakhir. Ilustrasi. (AP/Michel Euler).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran mengatakan infeksi covid-19 baru meningkat tajam ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini mereka nyatakan setelah dalam 24 jam terakhir ini, 18 ribu kasus baru terjadi di Prancis.

Ia mengatakan lonjakan tajam kasus corona ini terjadi karena varian delta. Ia mengatakan jika mengacu pada kasus terbaru itu, corona di Prancis  meningkat 150 persen  dalam seminggu terakhir.

Tingkat infeksi corona tertinggi di Prancis itu adalah yang tertinggi sejak pertengahan Mei atau ketika negara itu berencana menerapkan lockdown nasional ketiga.


"Ini kami belum pernah melihat. Juga dengan (bentuk asli) covidnya, apakah itu varian Inggris, atau Afrika Selatan atau Brasil," katanya seperti dikutip dari AFP, Selasa (20/7).

Prancis yang bersiap menghadapi gelombang infeksi keempat karena penyebaran varian Delta telah berupaya untuk melakukan vaksinasi warganya sebanyak mungkin.

Upaya itu sekarang ini memang menghadapi tantangan. Salah satunya dari parlemen yang masih memperdebatkan serangkaian aturan baru yang kontroversial yang bertujuan menekan jutaan penolak vaksin agar mendapat suntikan. Pasalnya, hanya 45 persen dari populasi yang divaksinasi sepenuhnya.

Guna mengatasi perdebatan itu, Veran mengatakan kasus baru yang terjadi belakangan ini, menunjukkan sekarang bukan saatnya untuk memelihara keraguan.

Yang penting katanya, mencapai kekebalan kelompok melalui cakupan vaksin tingkat tinggi supaya covid bisa dikalahkan.

(afp/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK