KILAS INTERNASIONAL

Serangan Roket di Afghanistan hingga Brunei Tutup Pintu RI

ayp, CNN Indonesia | Rabu, 21/07/2021 06:31 WIB
Serangan roket saat Iduladha di Afghanistan sampai Brunei Darussalam tak izinkan kedatangan WNI akibat lonjakan Covid-19. Suasana Ibu Kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (20/7) kemarin. Mulai dari serangan roket saat Iduladha di Afghanistan sampai Brunei Darussalam tak izinkan kedatangan WNI akibat lonjakan Covid-19. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Brunei Larang Sementara Kunjungan WNI akibat Covid-19

Kesultanan Brunei Darussalam menangguhkan izin masuk pendatang dari Indonesia menyusul situasi pandemi Covid-19 yang memburuk.

"Kantor Perdana Menteri Brunei menginformasikan bahwa menyusul situasi Covid-19 di Indonesia saat ini, penerimaan kedatangan warga asing dari atau melalui Indonesia untuk sementara ditangguhkan dengan segera sampai pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan Kantor Perdana Menteri Brunei pada Senin (19/7).


Mereka menyatakan aturan itu berlaku bagi pendatang dari seluruh bandara yang ada di Indonesia, termasuk warga asing yang transit melalui Indonesia untuk bepergian ke Brunei.

Brunei menjadi negara yang berhasil mengendalikan pandemi virus corona di kawasan Asia Tenggara. Negara pimpinan Sultan Hassanal Bolkiah itu bahkan berhasil mempertahankan nol kasus Covid-19 di antara 441 ribu penduduknya.

Namun, penangguhan kedatangan dari Indonesia ini berlaku setelah Brunei melaporkan delapan kasus Covid-19 baru pada Minggu (18/7). Seluruh kasus corona baru itu berasal dari Indonesia.

Kementerian Kesehatan Brunei menyatakan bahwa semua kasus impor Covid-19 itu berasal dari orang-orang yang datang dari Jakarta pada 4 Juli lalu.


2. Istana Presiden Afghanistan Diserang Roket saat Iduladha

Dua serangan roket terjadi di dekat Istana Presiden Afghanistan di Ibu Kota Kabul menjelang khutbah Salat Iduladha yang dilakukan Presiden Ashraf Ghani kemarin.

Mengutip AFP, dua roket itu ditembakkan menjelang pidato presiden terkait dengan Hari Raya Iduladha.

Kedua roket itu diluncurkan sekitar pukul 08.00 waktu setempat dan terdengar keras di zona hijau alias area yang merupakan tempat istana presiden serta sejumlah kedutaan besar, termasuk Amerika Serikat.


3. Israel dan Libanon Saling Serang dengan Tembakan Roket

Israel melakukan serangkaian serangan roket ke Libanon pada Selasa (20/7) pagi. Salah satu anggota AD negara tersebut menyebut aksi itu untuk merespons serangan roket sebelumnya yang dilancarkan oleh Lebanon.

"Sebagai respons, beberapa saat lalu artileri (Israel) menyerang di wilayah Lebanon," kata dia seperti dikutip AFP.

Diketahui, ada dua roket dilepaskan oleh Lebanon yang salah satunya dapat dihentikan sedangkan lainnya menghantam tanah lapang.

(ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK