Usia Harapan Hidup di AS Turun Akibat Covid

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 05:54 WIB
Laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkap usia harapan hidup di AS turun akibat covid-19. CDC menyebut usia harapan hidup di AS turun akibat covid. Ilustrasi. (AFP/ED JONES).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit  AS (CDC) menyebut harapan hidup rata-rata penduduk di Negeri Paman Sam turun 1,5 tahun pada 2020 dari 78,8 tahun menjadi tinggal 77,3. Penurunan tajam didorong oleh pandemi covid-19.

Penurunan itu merupakan yang terendah sejak 2003. Penurunan yang signifikan juga melawan tren peningkatan usia harapan hidup warga AS yang stabil pada periode pasca-Perang Dunia II.

CDC merinci penurunan usia hidup akibat corona itu paling besar dialami laki-laki. Karena corona, usia harapan hidup laki-laki di AS turun 1,8 tahun menjadi 74,5 tahun.


Sementara itu, untuk perempuan di AS, usia harapan hidup turun 1,2 tahun jadi 80,2 tahun. Di antara kelompok ras, penurunan harapan hidup paling besar terjadi pada populasi hispanik.

Penurunan harapan hidup pada populasi tersebut mencapai 3 tahun dari 81,8 tahun menjadi 78,8 tahun. Sementara itu untuk populasi kulit hitam, usia hidup turun 2,9 tahun dari 74,7 menjadi 71,8 tahun.

"Kematian akibat Covid-19 sejauh ini memiliki efek tunggal terbesar pada penurunan harapan hidup saat lahir antara 2019 dan 2020," kata laporan CDC seperti dikutip dari AFP, Rabu (21/7).

"Di antara penyebab yang berkontribusi negatif terhadap perubahan harapan hidup, Covid-19 menyumbang 90 persen untuk populasi Hispanik, 67,9 persen untuk populasi kulit putih non-Hispanik dan 59,3 persen untuk populasi kulit hitam non-Hispanik," tambah mereka.

Selain oleh covid, CDC juga mengungkapkan penurunan usia harapan hidup masyarakat AS juga dipicu cedera yang tidak disengaja, pembunuhan (lebih umum di antara laki-laki), diabetes dan penyakit hati.

Beruntung, masalah tersebut tertahan oleh penurunan kematian akibat kanker, penyakit saluran pernapasan bawah kronis dan bunuh diri. Selain itu, penurunan usia harapan hidup masyarakat AS juga tertahan oleh pengurangan angka kematian akibat influenza, pneumonia, dan Alzheimer, penyakit jantung dan stroke.

(afp/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK