AS Janji Tingkatkan Serangan Udara Lawan Taliban

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 08:42 WIB
Militer AS berjanji akan meningkatkan serangan udara ke Taliban seandainya Taliban juga kembali menyerang berbagai wilayah di Afghanistan. Ilustrasi jet tempur AS yang digunakan untuk melawan pasukan Taliban di Afghanistan. (AFP/JOEL SAGET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat akan terus melancarkan gempuran udara untuk membantu pasukan Afghanistan melawan Taliban, demikian menurut seorang petinggi militer AS.

Taliban meningkatkan serbuan dalam beberapa pekan ke belakang dan menguasai perbatasan serta beberapa wilayah pedesaan, setelah presiden AS Joe Biden pada April lalu mengatakan pasukannya akan ditarik pada September nanti.

"Amerika Serikat telah meningkatkan serangan udara untuk mendukung pasukan Afghanistan dalam beberapa hari terakhir, dan kami bersiap untuk terus meningkatkan serangan ini dalam beberapa pekan ke depan jika Taliban juga meningkatkan kekuatan," demikian ujar Jenderal Militer Kenneth McKenzie dalam konferensi pers di Kabul.


McKenzie yang memimpin Pusat Komando AS, badan yang mengendalikan pasukan AS di wilayah Afghanistan, tidak menyatakan soal sikap AS setelah operasi militer mereka di Afghanistan berakhir 31 Agustus nanti.

"Pemerintah Afghanistan menghadapi ujian yang besar dalam beberapa hari ke depan... Taliban tengah berupaya menciptakan nuansa bahwa serangan mereka tidak terhindarkan," kata McKenzie.

Namun, menurutnya, kemenangan Taliban bukan suatu hal yang tidak terhindarkan dan masih ada kemungkinan penyelesaian politik.

Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah Afghanistan dan negosiator Taliban telah bertemu di Doha, Qatar, meski para diplomat mengatakan belum ada kemajuan yang berarti sejak pertemuan perjanjian damai dimulai September tahun lalu.

Saat ini pasukan Afghanistan tengah merancang ulang strategi perang mereka melawan Taliban dengan berkonsentrasi di wilayah-wilayah kritis seperti Kabul, wilayah perbatasan, dan juga infrastruktur penting.

McKenzie mengatakan kekerasan akan meningkat usai masyarakat menjalani libur IdulAdha pekan lalu, dan Taliban bisa menargetkan wilayah perkotaan yang padat penduduk.

"Jika mereka ingin meraih kekuasaan, mereka harus berhadapan dengan wilayah perkotaan," katanya.

"Namun, bukan kesimpulan yang tepat jika mengatakan bahwa mereka bisa mengambil alih wilayah urban tersebut."

(Reuters/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK