Warga AS Divaksin Diam-diam Hindari Pertengkaran Pasangan

CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 02:30 WIB
Vaksin Covid-19 menjadi hal terpolarisasi di AS hingga menyebabkan sebagian warga melakukan vaksinasi diam-diam demi menghindari pertengkaran. Ilustrasi vaksinasi. (iStock/Godji10)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksin Covid-19 menjadi hal terpolarisasi di Amerika Serikat hingga menyebabkan sebagian warga melakukan vaksinasi diam-diam demi menghindari pertengkaran dengan pasangan dan keluarga.

Seorang dokter di Missouri, Priscilla Frase, mendapati sebagian warga yang semula tak percaya vaksin Covid-19 di negara bagian tersebut mulai berubah pikiran.

Banyak dari mereka, kata Frase, bahkan antusias mendapatkan vaksin Covid-19 setelah pandangan mereka soal antibodi tersebut berubah.


"Mereka memiliki beberapa pengalaman yang menjadikan pandangan mereka berubah dari keluarga dan orang-orang terdekat mereka hingga sampai pada keputusan ingin mendapatkan vaksin," ucap Frase yang merupakan Kepala Petugas Informasi Medis Ozarks Healthcare, West Plains, Missouri, pada Rabu (28/7) dikutip dari CNN.

"Tetapi meskipun mereka mampu membuat keputusan sendiri, mereka enggan berurusan dengan tekanan teman sebaya atau kemarahan orang lain akibat keputusannya itu," ujarnya menambahkan.

Dalam sebuah video yang dirilis Ozarks Healthcare, Frase mengaku petugas imunisasi rumah sakitnya itu sempat menerima beberapa orang yang datang untuk divaksinasi. Namun, mereka datang dengan penampilan menyamar supaya tak dikenali orang.

"Mereka berkata 'tolong, tolong jangan beritahu siapa pun bahwa saya mendapat vaksin ini'," kata Frase saat menceritakan pengalaman yang dialami salah satu apoteker rumah sakitnya.

Frase menuturkan rumah sakit mencoba mengakomodasi jika ada pasien yang meminta identitasnya dirahasiakan saat menerima vaksinasi.

"Apa pun yang bisa kita lakukan untuk membuat orang berada di tempat yang nyaman untuk menerima vaksin," kata Frase.

Pengalaman Frase dinilai sedikit mencerminkan polarisasi dramatis warga AS terkait vaksinasi Covid-19 dan sejauh mana pandangan skeptis mengakar pada sebagian masyarakat Negeri Paman Sam soal vaksin.

Missouri sejauh ini mencatat 41 persen populasinya telah merampungkan dua dosis vaksinasi. Jumlah itu menjadikan Missouri sebagai negara bagian AS ke-13 dengan tingkat vaksinasi terendah menurut CDC.

Belakangan, Frase menuturkan infeksi Covid-19 di Missouri ikut melonjak bersamaan dengan peningkatan penularan virus serupa SARS itu di AS.

"Sebagian besar orang yang terinfeksi belum menerima vaksin," ucap Frase.

(rds/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK