Jelang Umrah Digelar, Saudi Batasi 20 Ribu Jemaah

ayp, CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 17:39 WIB
Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah dengan membatasi hanya 20 ribu jemaah pada tahap awal. Ilustrasi ibadah umrah saat masa pandemi di Mekah, Arab Saudi. (AP/HOGP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah dengan membatasi hanya 20 ribu jemaah pada tahap awal.

Menurut Juru Bicara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Hisham Saeed, umrah dalam jumlah terbatas akan kembali digelar pada 10 Agustus mendatang.

Selain itu, jemaah umrah yang dibolehkan tiba hanya mereka yang berasal dari negara yang masuk "daftar hijau" atau dinilai aman dari lonjakan kasus Covid-19, menurut kriterian yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Badan Penerbangan Sipil Saudi, seperti dilansir Gulf News.


Menurut Saeed jumlah jemaah umrah bakal ditingkatkan dalam periode selanjutnya tergantung situasi yang berkembang.

Badan Urusan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyatakan sudah mempersiapkan protokol khusus untuk menyambut jemaah umrah sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Sedangkan penduduk setempat yang ingin melaksanakan umrah harus mendaftar terlebih dulu melalui aplikasi Eatmarna. Sedangkan pendaftaran jemaah umrah internasional dilakukan melalui badan terkait.

Saat ini ada sekitar lebih dari 6.000 agen perjalanan dan 30 situs yang menangani jemaah umrah.

Para calon jemaah umrah bisa memesan perjalanan umrah mulai dari transportasi sampai katering selama mereka menjalankan ibadah.

(ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK