India Kirim 4 Kapal Latihan Bareng AS di Laut China Selatan

CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 22:47 WIB
India bakal mengirim empat kapal perang ke Laut China Selatan untuk mengikuti latihan perang dengan AS, Jepang dan Australia. Kapal perusak Angkatan Laut India, INS Kolkata. (AFP/PUNIT PARANJPE)
Jakarta, CNN Indonesia --

India bakal mengirim empat kapal perang ke Laut China Selatan (LCS) untuk mengikuti serangkaian latihan perang dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia selama dua bulan.

Hal ini bisa menjadi sinyal militer India mulai aktif di Laut China Selatan dan seolah menantang China yang mengklaim perairan itu sebagai wilayah kedaulatannya.

"Kerja sama maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama dan komitmen terhadap Kebebasan Navigasi di laut," kata pernyataan Kemenhan India, seperti dilansir CNN, Selasa (3/8).


Menurut pernyataan resmi Kemenhan India, kapal perang itu akan berangkat awal Agustus ini.

Kapal perang Angkatan Laut India yang dikerahkan dalam latihan perang itu mencakup kapal perusak peluru kendali, fregat peluru kendali, korvet anti-kapal selam dan korvet peluru kendali.

Mereka akan berpartisipasi dalam serangkaian latihan selama dua bulan, termasuk latihan angkatan laut Malabar 2021 dengan AS, Jepang dan Australia.

Dalam latihan bilateral lainnya selama penempatan itu, kapal perang India akan bekerja sama dengan unit angkatan laut dari negara-negara pesisir Laut Cina Selatan, termasuk Singapura, Vietnam, Indonesia dan Filipina.

"Pengerahan kapal Angkatan Laut India berusaha untuk menggarisbawahi jangkauan operasional, muncul dengan damai dan bersolidaritas dengan negara-negara sahabat untuk memastikan ketertiban di sektor maritim dan untuk memperkuat ikatan yang ada antara India dan negara-negara Indo Pasifik," lanjut isi pernyataan Kemenhan India.

Sinyal Menantang China di LCS

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK