Catat Sejarah, Arab Saudi Kini Punya Angkatan Tentara Wanita

CNN Indonesia
Minggu, 05 Sep 2021 19:43 WIB
Angkatan pertama tentara wanita dari Pusat Pelatihan Kader pada Angkatan Bersenjata Wanita Arab Saudi dinyatakan lulus usai prosesi wisuda pada Rabu (1/9) lalu. Ilustrasi tentara wanita Arab Saudi. Foto: Screenshot via Twitter/@sattam_al_saud
Jakarta, CNN Indonesia --

Angkatan pertama tentara wanita dari Pusat Pelatihan Kader pada Angkatan Bersenjata Wanita Arab Saudi dinyatakan lulus usai melaksanakan prosesi wisuda pada Rabu (1/9) lalu. Kelulusan tersebut tercatat menjadi bagian dari momen bersejarah dalam reformasi dan inisiatif pemberdayaan perempuan di Kerajaan Saudi.

Prosesi wisuda tersebut turut dihadiri Kepala Staf Umum Jenderal Fayyad Al-Ruwaili hingga Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Angkatan Bersenjata Mayjen Adel Al-Balawi.

Dalam sambutannya, Adel mengatakan bahwa pusat pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan layanan pelatihan profesional untuk staf wanita di bidang kejuruan Kementerian Pertahanan Saudi.


"Hal ini memiliki misi penting, yaitu menyediakan program pelatihan dan kurikulum yang terkemuka dan lingkungan pendidikan yang ideal sesuai dengan standar kualitas internasional yang memenuhi kebutuhan kader angkatan bersenjata perempuan," kata Adel dilansir dari Saudi Gazette, Minggu (5/9).

Adel menambahkan, pusat pelatihan tersebut juga bertujuan untuk mencapai kinerja yang diharapkan mampu membantu mewujudkan tujuan Kementerian Pertahanan Arab Saudi di masa depan.

Dalam proses tersebut, Asisten Komandan Pusat Sersan Kepala Hadi Al-Anezi ikut memberikan sumpah kepada para wisudawan. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil dan nama-nama wisudawan yang berprestasi dan meraih hadiah khusus.

Di akhir upacara, Jenderal Al-Ruwaili turut menyampaikan ungkapan terima kasih atas kerja luar biasa dari staf pria dan wanita dari pusat tersebut dalam menyelesaikan misi besar lembaga.

Arab Saudi diketahui membuka sektor Angkatan Bersenjata untuk wanita dengan mengizinkan baik wanita dan pria untuk mendaftar melalui peluncuran portal penerimaan terpadu pada Februari lalu. Wanita Saudi berusia 21 hingga 40 tahun diizinkan untuk melamar pada program ini.

Pangkat militer dari prajurit hingga sersan tersedia untuk wanita di Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

(khr/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER