Militer Kudeta Pemerintah Guinea, Presiden Ditangkap

CNN Indonesia | Senin, 06/09/2021 06:36 WIB
Militer Guinea dilaporkan telah melancarkan kudeta terhadap pemerintah negara Afrika barat tersebut pada Minggu (5/6). Militer kudeta Guinea. Presiden Alpha Conde ditahan. (AFP/CELLOU BINANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Militer Guinea dilaporkan telah melancarkan kudeta terhadap pemerintah negara Afrika barat tersebut pada Minggu (5/9).

Melansir dari CNN, militer dalam pernyataan melalui siaran membubarkan Konstitusi Guinea. Mereka juga menangkap Presiden Guinea Alpha Conde.

"Kami tidak lagi mempercayakan politik terhadap orang-orang itu. Kami akan percaya politik kepada rakyat. Kami datang (melakukan kudeta) hanya untuk itu, ini tanggung jawab kami sebagai tentara untuk menyelamatkan negara," demikian ujar salah satu perwira militer Guinea, Mamadi Doumbouya, dikutip dari CNN.


Salah satu penasihat Presiden mengatakan kepada CNN Conde masih ditahan, namun hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

Dalam video, Doumbouya mengenakan seragam pasukan khusus. Ia menyatakan telah menangkap Conde, membekukan konstitusi, pemerintah dan seluruh institusi.

Doumbouya juga menyatakan pihak militer telah menutup semua perbatasan jalur darat maupun jalur penerbangan. Video itu tersebar dan kemudian diberitakan oleh berita-berita lokal Guinea.

Sejumlah suara letusan tembakan juga terjadi di ibu kota Guinea Conakry. Sejumlah saksi mata mengatakan kepada CNN bahwa tembakan-tembakan itu disebut sebagai salah satu upaya kudeta.

Sejumlah pasukan tentara juga muncul di Kaloum sekitar Kota Conakry dan kompleks-kompleks gedung pemerintah, seperti diungkapkan dalam video yang beredar di media sosial.

Tampak dalam video itu juga sang Presiden Conde. Pria 83 tahun yang menang pemilu tahun lalu itu tampak dikelilingi sejumlah tentara Guinea. CNN belum bisa memverifikasi kebenaran video tersebut secara akurat.

(bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK