Taliban Umumkan Hasan Akhund Pimpin Pemerintahan Afghanistan

CNN Indonesia
Selasa, 07 Sep 2021 22:27 WIB
Mullah Mohammad Hasan Akhund akan didampingi Abdul Ghani Baradar memimpin pemerintahan baru di Afghanistan. Taliban mengumumkan bahwa Mullah Mohammad Hasan Akhund didapuk menjadi pemimpin utama pemerintahan baru di Afghanistan (AP/Rahmat Gul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taliban mengumumkan bahwa Mullah Mohammad Hasan Akhund didapuk menjadi pemimpin utama pemerintahan baru di Afghanistan. Mengutip AFP, Taliban mengumumkan itu pada Selasa (7/9).

Juru bicara kepala Zabihullah Mujahid mengatakan salah satu pendiri Taliban, yakni Abdul Ghani Baradar juga akan mengisi posisi strategis di pemerintahan. Dia akan menjadi wakil pemimpin di pemerintahan berikutnya.

Sejauh ini, Taliban belum mengumumkan daftar anggota kabinet yang akan dipimpin Mohammad Hasan Akhund dan Abdul Ghani Baradar.


Sebelumnya, Zabihullah mengatakan pemerintahan baru Afghanistan akan mewakili seluruh kelompok yang ada. Sejumlah mantan pejabat militer era pemerintahan Presiden Ashraf Ghani yang digulingkan juga akan bergabung dalam pemerintahan baru rezim Taliban.

Mengutip Reuters, kabinet yang akan dipimpin Taliban nanti berisi 25 menteri serta 12 anggota dewan penasihat atau syura yang terdiri dari 12 cendekiawan muslim. Akan tetapi, sejauh ini belum ada pernyataan lebih lanjut dari Taliban ihwal kabar tersebut.

Sempat beredar empat nama yang dikabarkan bakal memimpin pemerintah Afghanistan, yakni Abdul Ghani Mullah Baradar, Haibatullah Akhundzada, Sher Mohammad Abbas Stanikzai serta Mullah Mohammad Yaqoob.

Dari sejumlah nama tersebut, sejauh ini hanya Abdul Ghani Mullah Baradar yang telah diberikan jabatan strategis, yakni wakil pemimpin pemerintahan Afghanistan.

(AFP/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER