Rusia Taruh 30 Tank Baru di Tajikistan Waspadai Afghanistan

isa, CNN Indonesia | Jumat, 10/09/2021 17:10 WIB
Selain mengganti alutsista yang tua, keberhasilan Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan baru-baru ini juga membuat Rusia cukup khawatir. Rusia mengerahkan puluhan tank canggih ke pangkalannya di Tajikistan. (Foto: AP/Hayk Baghdasaryan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rusia akan mengerahkan 30 tank baru militer untuk memperkuat pangkalan militernya di Tajikistan yang bersebelahan dengan Afghanistan.

Komandam Unit Tank Militer Pusat Rusia, Khanif Beglov, mengatakan 30 tank modern akan ditempatkan di pangkalan militer di Tajikistan pada akhir 2021 nanti.

Reuters melaporkan pengerahan kendaraan perang itu dilakukan Rusia untuk menggantikan kendaraan tempur yang sudah tua.


Selain itu, keberhasilan Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan baru-baru ini juga membuat Rusia cukup khawatir. Moskow cemas jika kekacauan di Afghanistan bisa memicu gerakan kelompok ekstremis di negara itu menyusup ke Tajikistan.

Rusia bahkan mewanti-wanti Afghanistan bisa jadi sarang teroris usai rezim Taliban kembali naik ke tampuk kekuasaan.

Tak hanya Rusia, India juga meyakini hal serupa. Kedua negara ini sepakat memperkuat kerjasama demi mengantisipasi ancaman terorisme.

Tajikistan berbatasan dengan Afghanistan sepanjang 1.344 kilometer. Sebagian besar perbatasan Tajikstan dan Afghanistan didominasi wilayah perbukitan sehingga sulit dijaga petugas.

Sementara itu, hubungan Rusia dan Tajikistan memang harmonis. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berharap kedua negara itu akan membicarakan lebih banyak hal untuk membangun kerja sama dan pengembangan lebih lanjut.

"Rusia dan Tajikistan akan memastikan pengembangan lebih lanjut soal kerja sama bilateral di berbagai bidang," kata Putin saat memberi ucapan di hari kemerdekaan Tajikistan, dikutip dari TASS, Kamis (9/9).

"Itu sepenuhnya memenuhi kepentingan rakyat kita yang bersahabat dan sejalan dengan penguatan perdamaian, keamanan, dan stabilitas di Asia Tengah," tambah Putin.

Rusia juga telah mengadakan latihan militer di Tajiksitan baru-baru ini dan memperluas alat utama sistem pertahanan di pangkalan mereka di negara itu setelah pasukan Amerika Serikat dan sekutu resmi ditarik dari Afghanitan.

(isa/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK