Deret Keistimewaan Paspor Diplomatik Korsel yang Diterima BTS

CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 08:38 WIB
Presiden Moon Jae-in memberikan paspor diplomatik kepada BTS yang ditunjuk sebagai wakil sang pemimpin di PBB untuk urusan diplomasi budaya pada Selasa (14/9). Presiden Moon Jae-in memberikan paspor diplomatik kepada BTS yang ditunjuk sebagai wakil sang pemimpin untuk urusan diplomasi budaya pada Selasa (14/9). (Dok. Big Hit Music via Twitter @bts_bighit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, memberikan paspor diplomatik kepada boyband ternama, Bangtan Boys (BTS), yang ditunjuk sebagai wakil sang pemimpin untuk urusan diplomasi budaya pada Selasa (14/9).

Moon mengungkapkan rasa terima kasihnya atas peran BTS yang mampu mengguncang dunia dan meningkatkan status global bangsa, demikian dikutip Korean Herald.

Sebagai utusan khusus presiden, BTS akan akan menemani Moon menghadiri sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, pada 21 September mendatang. Selama bepergian itu, BTS akan menggunakan paspor diplomatik.


Paspor diplomatik dikeluarkan hanya untuk individu tertentu yang akan bepergian ke luar negeri untuk menangani urusan resmi pemerintah.

Menurut laporan CNBC, sebagian besar paspor tersebut diberikan untuk diplomat, konsuler yang ditempatkan di luar negeri, dan individu yang dipekerjakan pemerintah yurisdiksi tertentu.

Paspor itu juga bisa diberikan kepada pejabat pemerintah dan keluarganya yang telah dikirim ke luar negeri untuk menghadiri kongres dan konferensi.

Selain itu, berikut keistimewaan paspor diplomatik yang diberikan Presiden Korsel untuk anggota BTS.

Bebas ke 199 Negara Tanpa Visa

Paspor diplomatik Korsel memungkinkan para pemegangnya bepergian ke 199 negara atau wilayah tanpa visa.

Namun, untuk pergi ke beberapa negara Asia Selatan dan Afrika, para pemegang paspor diplomatik Korsel tetap memerlukan visa. Negara itu di antaranya, Afghanistan, Bhutan, Yaman, Ghana, Sudan, Nigeria, Kuba, dan Libya.

Situs Travel Freedom menempatkan paspor diplomatik Korsel di peringkat ketiga sebagai paspor terkuat di dunia.

Kebal Diplomatik

Pemegang paspor ini juga memiliki kekebalan diplomatik dan dianggap sebagai tamu kehormatan di negara tuan rumah.

Saat bepergian, pemegang paspor ini juga menggunakan saluran diplomatik bandara dan bebas pemeriksaan.

Bebas Pajak Perjalanan dan Penghasilan

Pemegang paspor ini juga dibebaskan dari pajak yang mungkin muncul dari perjalanan darat maupun udara. Dengan demikian, mereka dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan cepat.

(isa/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK