Kapal Perang China Dikabarkan Mendekati Alaska

CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 10:48 WIB
Kapal perang milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dikabarkan memasuki wilayah perairan internasional di dekat Alaska. Foto ilustrasi kapal perang China. (Olga MALTSEVA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal perang milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dikabarkan memasuki wilayah perairan internasional di dekat Alaska, pada Minggu (12/9) waktu setempat.

Informasi ini didapatkan dari laporan situs web yang berafiliasi dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, tetapi laporan ini dihapus pada Senin (13/9).

Kabarnya, kapal perang ini digunakan untuk pelatihan laut jauh armada pertahanan laut PLA, tutur salah satu analis China. Peristiwa ini juga dapat diartikan sebagai balasan China terhadap tindakan provokasi militer AS sebelumnya di wilayah China atas nama kebebasan navigasi.


Sebelumnya, empat kapal milik PLA juga sempat berlayar di perairan internasional Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) AS, yakni di wilayah lepas pantai Kepulauan Aleutian di Alaska, pada 29 dan 30 Agustus lalu.

Departemen Pertahanan AS menyampaikan bahwa gugusan kekuatan itu terdiri dari kapal dengan rudal penjelajah, kapal perusak rudal, kapal intelijen umum, dan kapal bantu, bersumber dari situs web Defense Visual Information Distribution Service (DVIDS), dilansir Global Times.

Walaupun laporan DVIDS tidak menyebutkan nama empat kapal PLA, pengamat militer menilai, kapal yang berlayar di dekat Alaska ini kemungkinan berasal dari armada yang sama yang berlayar ke arah Timur. Kapal-kapal itu berlayar melalui Selat Soya ke Samudra Pasifik, pada 24 Agustus lalu. Kesimpulan ini didapatkan mengingat kecocokan waktu dan lokasi kedua regu.

Laporan DVIDS juga menyampaikan kapal perang PLA yang berada di wilayah Alaska juga sempat bertemu dengan kapal Penjaga Pantai AS Bertholf dan Kimball. Laporan ini mencatat bahwa interaksi keduanya bersifat profesional dan aman.

Laporan DVIDS ini kemudian tak lagi bisa diakses karena alasan yang tidak diketahui pada Senin.

Sementara itu, China belum berkomentar atas kejadian ini.

Provokasi kapal AS ke perairan dekat China, baca di halaman berikutnya...



Balasan atas Provokasi AS di LCS

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK