Inggris Kembali Temukan Kasus Sapi Gila

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 18/09/2021 20:44 WIB
Inggris telah mengidentifikasi kasus tunggal sapi gila atau spongiform encephalophaty (BSE) di peternakan kota Somerset. Sejak 1994 hingga saat ini, ditemukan lima kasus sapi gila di Inggris. (Kapa65/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Inggris telah mengidentifikasi kasus tunggal sapi gila atau spongiform encephalophaty (BSE) di peternakan kota Somerset.

Agensi Kesehatan Ternak dan Tumbuhan (APHA) mengatakan sapi yang telah mati itu sudah dipindahkan dari peternakan dan tidak ada risiko mencemari makanan.

"Status risiko Inggris terkait BSE tetap berada di level 'terkendali' dan tidak ada risiko keselamatan publik atau keamanan makanan," kata Kepala Veterinary APHA Christine Middlemiss.


APHA menegaskan akan menyelidiki secara menyeluruh kawanan ternak, potensi munculnya sumber infeksi, dan akan mengeluarkan laporan menyeluruh tentang insiden ini.

Kasus sapi gila yang terkait dengan penyakit Creutzfeldt-Jakob sudah teridentifikasi di Inggris sejak 2014. APHA mengatakan terdapat lima kasus sapi gila sejak 1994 hingga saat ini, dan terjadi bukan pada ternak yang akan diolah untuk jadi bahan makanan.

Inggris sendiri pernah memusnahkan jutaan sapi ketika terjadi epidemi sapi gila pada periode 1990-an.

(vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK