Pakar HAM PBB Sebut Victor Yeimo Kritis di Penjara Papua

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 18:07 WIB
Pakar HAM PBB Mary Lawlor menyebut salah satu tahanan Papua, Victor Yeimo, kritis di sel penjara wilayah itu. Victor Yeimo disebut pakar HAM PBB dalam kondisi kritis. (CNN Indonesia/Giras Pasopati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pakar Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Mary Lawlor menyebut salah satu tahanan Papua, Victor Yeimo, kritis di sel penjara wilayah itu.

Peristiwa ini membuat aktivis mendesak Indonesia untuk memberikan layanan medis yang memadai kepada aktivis kemerdekaan di Papua yang kini berstatus tahanan itu.

"Saya pernah melihatnya sebelumnya: Negara-negara menolak perawatan medis bagi para pembela hak asasi manusia yang sakit dan dipenjara, yang mengakibatkan penyakit serius atau kematian," kata Pelapor Khusus PBB untuk situasi pembelaan HAM, Mary Lawlor dalam laman resmi PBB, Senin (20/9).


"Sekarang saya memohon kepada Indonesia untuk melindungi kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan Tuan Yeimo dengan memberikan perawatan dasar yang sangat dia butuhkan."

Lawlor sendiri telah menyoroti kondisi kesehatan Yeimo sejak Agustus lalu.

Mary mengaku telah mendengar kondisi Yeimo yang memburuk di penjara. Ia pun khawatir Yeimo terinfeksi Covid-19.

"Saya khawatir karena kondisi kesehatannya sekarang (kritis) membahayakannya pada risiko Covid-19," demikian kicau Mary Lawlor di akun Twitter-nya, 10 Agustus 2021.

Merujuk situs resmi Komisaris Tinggi PBB bagi Hak Asasi Manusia (OHCHR), Lawlor menjadi pelapor khusus PBB di bidang HAM sejak Mei 2020 lalu. Saat ini, ia adalah Profesor Ajun Bisnis dan Hak Asasi Manusia di Pusat Inovasi Sosial (CSI), Sekolah Bisnis, Trinity College Dublin.

Victor Yeimo diadili oleh pengadilan Jayapura pada akhir Agustus lalu atas tuduhan pengkhianatan dan hasutan terkait dengan protes anti-rasisme dan penentuan nasib sendiri pada 2019 lalu. Yeimo membantah tuduhan itu.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan bahwa mereka sedang mempersiapkan pernyataan terkait masalah tersebut, dilansir Reuters.

CNNIndonesia.com mencoba menghubungi pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk meminta konfirmasi terkait pernyataan Lawler, namun menyerahkan ke pihak Kejaksaan Tinggi.

Pihak Kejaksaan Tinggi juga tidak memberikan respons saat dihubungi CNNIndonesia.com hingga berita ini dipublikasi.

Bulan lalu Polda Papua sempat mengungkapkan masalah kesehatan Yeimo. Mereka juga menyampaikan bahwa Yeimo telah mendapatkan pemeriksaan medis di poliklinik Mako Brimob Polda Papua.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK