Yordania, Tetangga Israel yang Diduga Tempat Sodom-Gomora

CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 19:03 WIB
Yordania, negara tetangga Israel kini jadi perbincangan setelah arkeolog menduga kota Tall el-Hammam sebagai tempat Sodom-Gomora. Kota As-Salt di Yordania masuk daftar warisan dunia UNESCO. (REUTERS/ALAA AL SUKHNI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yordania, sebuah negara tetangga Israel yang namanya mungkin masih asing di telinga. Namun, negara ini diduga menjadi Sodom-Gomora, kota kuno yang disebut di Alkitab ataupun Alquran, Sodom.

Profesor Studi Alkitab dan Apologetika di Universitas Trinity Southwest, Steven Collins mengatakan bahwa situs Tall el-Hammam di Lembah Yordan Selatan, sesuai dengan kriteria kota Sodom.

Menurut Perjanjian Lama, kota itu dihancurkan oleh api dan belerang bersama dengan tetangganya, Gomora.


"Ketika kami menjelajahi daerah tersebut, pilihan Tall el Hammam sebagai situs Sodom hampir tidak perlu dipikirkan lagi karena setidaknya lima hingga 10 kali lebih besar daripada semua situs zaman perunggu lainnya di seluruh wilayah," ujar Collins dalam The Independent.

Yordania saat ini dipimpin oleh Raja Abdullah II. Pada 2011, Raja Abdullah II melakukan proses reformasi politik.

Raja Abdullah II berusaha mengalihkan kontrak sosial di Yordania ke kontrak yang menekankan partisipasi warga yang lebih besar dalam pengambilan keputusan. Tak hanya itu, reformasi ini juga memastikan lembaga pemerintah Yordania menjadi lebih transparan dan akuntabel, dilansir USAID.

Negara ini dikelilingi oleh Israel, Tepi Barat, Suriah, Irak, dan Arab Saudi. Sejak 1970, negara ini cukup tenang. Ancaman terbesar untuk merek adalah terorisme Al-Qaeda dan ISIS. Perang di Irak dan Suriah, pun juga gerakan di Palestina tidak menyebabkan kerusuhan di Yordania.

Destinasi wisata dan permasalahan Yordania, baca di halaman berikutnya...



Destinasi Wisata dan Masalah di Yordania

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK