Biden Disuntik Booster Vaksin Covid Pakai Pfizer

has, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 04:35 WIB
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menerima booster vaksin Covid-19 menggunakan produksi Pfizer pada Senin (27/9) waktu setempat. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menerima booster vaksin Covid-19 menggunakan produksi Pfizer pada Senin (27/9) waktu setempat. (Getty Images via AFP/Anna Moneymaker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menerima booster vaksin Covid-19 menggunakan produksi Pfizer pada Senin (27/9) waktu setempat.

AFP melaporkan bahwa Biden menerima suntikan ketiga vaksin itu di Gedung Putih. Ia disuntik dosis ketiga ini setelah pihak berwenang di AS mengizinkan pemberian booster vaksin Covid-19 bagi warga berusia 65 tahun ke atas.

Sembari berkelakar, presiden berusia 78 tahun itu menerima suntikan booster tersebut dan berkata, "Saya tahu mungkin tidak terlihat, tapi saya sudah lebih dari 65 tahun."


Selain manula, orang dewasa dengan kondisi medis sangat berisiko tertular Covid-19 juga diizinkan menerima booster. Tak hanya itu, warga dengan pekerjaan yang berisiko tertular Covid-19 juga diperbolehkan menerima suntikan ketiga vaksin.

Dengan program ini, Biden berharap semakin banyak orang ingin divaksinasi. Namun menurutnya, saat ini masih banyak warga AS yang bahkan tak mau menerima dosis pertama vaksin.

Menurut Biden, baru 77 persen warga AS yang sudah menerima vaksin Covid-19. Ia mengganggap capaian itu kurang, mengingat masih ada seperempat orang dewasa di AS yang menolak vaksin.

"Walaupun sedikit, tindakan mereka berdampak pada kebanyakan dari kita, dan tentu berdampak sangat buruk untuk negara," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Biden sendiri menerima suntikan vaksin pertamanya pada Desember tahun lalu, disusul dengan dosis kedua pada Januari 2021. Dalam kedua penyuntikan itu, Biden menggunakan vaksin produksi Pfizer.

Ia menjelaskan bahwa saat ini, baru warga yang sudah menerima vaksin Pfizer yang dapat disuntik booster. Dengan demikian, ada sekitar 60 juta warga AS yang berhak menerima booster.

Sementara itu, AS juga masih meneliti studi untuk menentukan warga yang sudah menerima vaksin Moderna dan Johnson & Johnson dapat disuntik booster Pfizer atau tidak. Jika studi sudah rampung, Biden berharap semua warga AS dapat segera menerima booster vaksin Covid-19.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK