Korut dan Korsel Resmi Buka Lagi Jalur Telepon Khusus

has | CNN Indonesia
Senin, 04 Oct 2021 09:11 WIB
Korut dan Korsel resmi membuka kembali jalur telepon untuk komunikasi lintas perbatasan mereka pada Senin (4/10), setelah terputus sejak Agustus lalu. Korut dan Korsel resmi membuka kembali jalur telepon untuk komunikasi lintas perbatasan mereka pada Senin (4/10), setelah terputus sejak Agustus lalu. (AFP/Park Tae-hyun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara dan Korea Selatan resmi membuka kembali jalur telepon untuk komunikasi lintas perbatasan mereka pada Senin (4/10), setelah terputus sejak Agustus lalu.

Kementerian Unifikasi Korsel melaporkan bahwa petugas dari kedua negara sudah berkomunikasi melalui telepon pertama pada Senin pagi.

"Dengan pemulihan jalur komunikasi Korsel-Korut, pemerintah mengevaluasi fondasi untuk pemulihan hubungan inter-Korea yang sudah ada," demikian pernyataan kementerian itu, sebagaimana dikutip AFP.


Pernyataan itu berlanjut, "Pemerintah berharap dapat kembali melanjutkan dialog dan memulai diskusi praktis untuk memulihkan hubungan antar-Korea."

Kabar pemulihan jaringan telepon ini datang tak lama setelah pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, "mengutarakan niatnya untuk memulihkan jalur komunikasi Korut-Korsel yang terputus."

Media propaganda Korut, KCNA, melaporkan bahwa menurut Kim, upaya ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan "perdamaian abadi" di Semenanjung Korea.

[Gambas:Video CNN]

Jaringan komunikasi ini sendiri sebenarnya sudah berulang kali terputus dalam beberapa tahun belakangan. Setelah putus, jaringan komunikasi itu sempat disambung kembali pada akhir Juli lalu.

Namun kemudian, jaringan itu kembali terputus dua pekan kemudian, ketika Korut tak lagi menjawab telepon yang masuk.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER