Kim Jong-un Sebut Korut Bangun Kekuatan Militer Tak Terlihat

has | CNN Indonesia
Selasa, 12 Oct 2021 11:39 WIB
Kim Jong-un mengatakan bahwa Korea Utara akan membangun kekuatan militer tak terlihat yang membuat negara-negara lain tidak berani melawan. Kim Jong-un mengatakan bahwa Korea Utara akan membangun kekuatan militer tak terlihat yang membuat negara-negara lain tidak berani melawan. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kim Jong-un mengatakan bahwa Korea Utara akan membangun kekuatan militer tak terlihat yang membuat negara-negara lain tidak berani melawan.

"[Tujuan paling penting Korut saat ini] memiliki kemampuan militer tak terlihat," ujar Kim saat membuka pameran militer di Pyongyang, seperti dikutip Associated Press, Selasa (12/10).

Kim mengatakan bahwa kemampuan militer tak terlihat ini harus dikembangkan agar tak ada lagi negara yang berani melawan mereka.


Ia melontarkan pernyataan ini ketika sedang berbicara mengenai sikap Amerika Serikat yang terus menciptakan ketegangan di kawasan Semenanjung Korea.

"(AS) adalah akar penyebab (ketidakstabilan)," kata Kim.

Kim mengakui bahwa AS memang terus menyatakan bahwa mereka tak ingin bermusuhan dengan Korut. Namun menurut Kim, tindakan AS justru menunjukkan sebaliknya.

"Saya penasaran apakah ada negara yang percaya itu. Tak ada bukti dari aksi mereka yang membuat yakin mereka tidak menunjukkan sikap bermusuhan," tutur Kim.

Kim memang selalu menuding AS memicu ketegangan, terutama dengan menggelar latihan militer dengan Korea Selatan. Terakhir kali, AS dan Korsel latihan militer gabungan pada Agustus lalu.

Selama ini, AS memang menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korsel untuk mempertahankan serangan dari tetangganya, usai perang pada 1950.

Sementara itu, Korsel juga terus meningkatkan kemampuan militernya sendiri. Mereka berhasil menguji rudal balistik kapal selam pertamanya pada September dan mengungkap rudal jelajah supersonik.

Kim menganggap Korsel munafik karena terus memprotes program nuklir Korut, tapi tetap mengembangkan sistem persenjataan sendiri.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Korut menjadi target berbagai sanksi internasional karena terus mengembangkan program nuklirnya.

Meski demikian, Kim menegaskan bahwa Korut tak akan berperang dengan Korsel. Kim tak mau sejarah perang berdarah pada 1950 silam terulang.

"Tentu kami memperkuat kemampuan pertahanan kami bukan karena Korea Selatan. Kita tidak boleh mengulang sejarah kelam para patriot kedua negara saling melawan," ucapnya.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER