Thailand Izinkan Turis 46 Negara Masuk Tanpa Karantina

CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 02:25 WIB
Thailand mengizinkan turis yang sudah divaksinasi dari 46 negara untuk masuk tanpa karantina mulai 1 November 2021. Thailand mengizinkan turis yang sudah divaksinasi dari 46 negara untuk masuk tanpa karantina mulai 1 November 2021. (AFP/CHALINEE THIRASUPA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Thailand mengizinkan turis yang berasal dari 46 negara untuk masuk tanpa karantina mulai 1 November 2021. Syaratnya, wisatawan terkait sudah divaksinasi covid-19.

Hal itu diumumkan oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha pada Kamis (21/10).

"Kita perlu bergerak lebih cepat dari itu dan melakukannya sekarang. Kalau menunggu semuanya sempurna akan terlambat," tulis Prayut dalam sebuah posting di halaman Facebook resminya.


Awalnya, pemerintah Thailand pekan lalu mengumumkan untuk membuka pintu untuk turis dari 10 negara. Namun, jumlahnya bertambah untuk membangkitkan sektor pariwisata dan sektor lainnya yang babak belur karena pandemi.

Selain Amerika Serikat, Inggris dan China, turis yang divaksinasi dari sejumlah negara Eropa termasuk Prancis dan Jerman akan diizinkan masuk. Mereka harus menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif.

Kemudian, wisatawan dari Kamboja dan Malaysia juga masuk dalam daftar "berisiko rendah", serta Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Setelah mendarat di Thailand, pelancong harus mengikuti tes covid-19 lagi dan memesan satu malam di hotel yang disetujui pemerintah sambil menunggu hasilnya. Jika negatif, mereka bisa bepergian dengan bebas.

"Kami tahu ini percepatan yang pesat dan ada risiko jumlah orang yang terinfeksi akan meningkat, tetapi itu risiko yang harus kami terima," kata Prayut.

Sebelum pandemi, Thailand menarik hampir 40 juta pelancong dari seluruh dunia. Sektor pariwisata sendiri menyumbang hampir 20 persen dari pendapatan nasionalnya.

Tahun lalu, Thailand kehilangan sekitar U$50 miliar pendapatan dari sektor pariwisata karena jumlah turis asing anjlok 83 persen menjadi 6,7 juta.

Saat ini, Thailand masih mencatat sekitar 10 ribu kasus per hari di mana sebagian besar didorong oleh varian Delta yang sangat menular.

Adapun jumlah kasus covid-19 Thailand sudah menembus 1,8 juta kasus di mana 18.559 di antaranya berujung pada kematian.

(afp/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER