Gempa Bermagnitudo 6,5 Guncang Taiwan

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 13:51 WIB
Gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Taiwan pada Minggu (24/10). Tapi, gempa tak mengakibatkan kerusakan berarti. Gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Taiwan pada Minggu (24/10). Tapi, gempa tak mengakibatkan kerusakan berarti. Ilustrasi. (Istockphoto/ Allanswart).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Taiwan pada Minggu (24/10). Mengutip Reuters, gempa berpusat di daerah Yilan di kendalaman 66,8 kilometer.

Biro Cuaca Taiwan melaporkan tak ada kerusakan berarti akibat gempa tersebut. 

Akibat gempa, Metro Taipei ditutup sebentar untuk pemeriksaan, tetapi dibuka kembali tak lama kemudian.


Operator listrik yang dikelola negara mengatakan jaringan beroperasi seperti biasa. Sementara administrasi perkeretaapian mengatakan sedang melakukan inspeksi untuk mengetahui dampak gempa terhadap rel.

Sementara Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia, mengatakan telah mengevakuasi beberapa pekerja sesaat setelah gempa terjadi.

"Personil di pabrik TSMC tertentu di Taiwan utara dievakuasi selama gempa sesuai prosedur perusahaan, dan semua sistem keselamatan berfungsi normal," katanya dalam sebuah pernyataan singkat.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi. Pada 2016 lalu, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Taiwan selatan.

Pada 1999, sekitar 2.000 orang juga tewas akibat gempa 7,3 SR yang melanda negara tersebut. 

(reuters/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER