Rumah PM Sudan Dikepung Militer dalam Upaya Kudeta

rds | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 12:33 WIB
PM Sudan Abdala Hamdok dilaporkan telah menjadi tahanan rumah oleh militer yang berupaya melakukan kudeta terhadap pemerintah. PM Sudan, Abdalla Hamdok. (Foto: AFP/ASHRAF SHAZLY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok di Ibu Kota Khartoum dilaporkan telah dikepung militer pada Senin (25/10), setelah sejumlah pejabat negara ditahan kelompok tak dikenal dalam upaya kudeta.

Hingga kini belum jelas apakah militer Sudan dikerahkan ke rumah Hamdok untuk melindungi sang PM atau menahan pemimpin negara itu.

Namun, mengutip sumber tak dikenal, media lokal Al Hadath mengatakan PM Hamdok telah menjadi tahanan rumah.


Sejumlah sumber pemerintah melaporkan kepada CNN bahwa kejadian itu berlangsung ketika sejumlah pejabat telah ditahan di penjara oleh kelompok tak dikenal yang mengenakan seragam polisi militer.

Para pejabat yang ditangkap itu termasuk para menteri kabinet dan anggota Dewan Kedaulatan Sudan.

Sejumlah saksi mata menuturkan pada Senin pagi para demonstran berkumpul di jalanan Ibu Kota untuk memprotes penahanan para pejabat.

Demonstrasi itu berlangsung setelah Asosiasi Kaum Profesional Sudan, kelompok politik pro-demokrasi Sudan, menyerukan warga untuk turun ke jalan memprotes "kudeta militer".

Kelompok pemantau komunikasi, NetBlocks, melaporkan akses internet di Sudan sempat terganggu pada Senin pagi.



(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER