Jokowi Harap AS Dukung Prioritas Indo-Pasifik ASEAN, Biden Siap

CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 10:05 WIB
Presiden RI, Joko widodo, berharap AS mendukung prioritas Indo-Pasifik yang digaungkan ASEAN. Presiden AS, Joe Biden, mengaku siap mendukung prioritas itu. Presiden RI, Joko widodo, berharap AS mendukung prioritas Indo-Pasifik yang digaungkan ASEAN. (UN Web TV via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, berharap Amerika Serikat mendukung prioritas Indo-Pasifik yang digaungkan ASEAN. Presiden AS, Joe Biden, pun mengaku siap mendukung prioritas tersebut.

Jokowi menyampaikan harapan itu saat pidato di Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS yang berlangsung virtual pada Selasa (26/10) malam.

Ia menegaskan bahwa untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas di kawasan, diperlukan kerja sama dan penghormatan terhadap hukum internasional.


Untuk membangun kepercayaan, diperlukan kerja sama yang konkret, salah satunya dalam menerapkan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AIOP) secara terbuka dan inklusif.

"ASEAN mengharapkan kiranya AS dapat menjadi salah satu mitra utama dalam mengimplementasikan empat prioritas kerja sama AIOP, yaitu maritim, konektivitas, SDGs, dan kerja sama perdagangan investasi," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap kemitraan ASEAN-AS harus bisa menjadi pilar penting pemulihan ekonomi pasca-pandemi. Menurutnya, rantai pasokan yang tak rumit dapat memperburuk situasi saat dunia menghadapi krisis.

Ia pun mengatakan bahwa ASEAN siap menjadi bagian penting dari rantai pasokan perdagangan dunia.

Selain itu, Jokowi juga berharap AS dapat menjadi salah satu mitra utama pembangunan ketahanan kesehatan yang sedang diupayakan ASEAN.

Hadir pula di pertemuan virtual itu, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, memastikan bahwa pihaknya berkomitmen pada sentralitas ASEAN.

"Amerika Serikat sangat mendukung pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik dan tatanan internasional berdasarkan aturan," ujar Biden.

Sebagaimana dilansir AFP, AS memang anggota negara blok Asia Tenggara itu, tapi mereka melihat ASEAN sebagai komponen penting dalam strateginya untuk melawan pengaruh China.

"Kemitraan AS-ASEAN sangat penting dalam mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka yang telah menjadi dasar keamanan dan kemakmuran bersama kita selama beberapa dekade," ucap Biden.

[Gambas:Video CNN]

Biden menyebut ASEAN sebagai penopang utama dalam mempertahankan kawasan, di mana setiap negara mampu bersaing dan berhasil di arena yang setara.

"Dan semua negara, tak peduli seberapa besar atau kuatnya, mematuhi hukum," katanya.

(isa/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER