Australia Akan Mulai Booster Vaksin Warga Dewasa Pakai Pfizer

CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 13:12 WIB
Australia menyetujui Pfizer sebagai booster vaksin Covid-19 yang bakal diberikan kepada warga dewasa mulai November mendatang. Ilustrasi. (AFP/Justin Tallis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Australia menyetujui Pfizer sebagai booster vaksin Covid-19 yang bakal diberikan kepada warga dewasa mulai November mendatang.

Regulator medis Australia, Therapeutic Goods Administration, menyatakan bahwa mereka telah memberikan persetujuan sementara vaksin Pfizer sebagai booster bagi orang dewasa.

"Persetujuan sementara berarti individu yang berusia 18 tahun ke atas bisa menerima booster setidaknya enam bulan setelah menyelesaikan suntikan utama vaksin Covid-19," demikian pernyataan badan itu, seperti dikutip AFP, Rabu (27/10).


Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, mengatakan program booster vaksin secara luas akan dimulai paling lambat pada 8 November, sesuai persetujuan badan penasihat imunisasi nasional.

"Kita akan memulai dari kelompok lanjut usia disabilitas sebagai prioritas," kata Hunt kepada wartawan di Canberra.

Menurutnya, booster umum kemudian akan tersedia untuk siapapun yang sudah menerima dua dosis vaksin dari merek Pfizer, AstraZeneca, atau Moderna.

Pemerintah berharap Moderna juga akan mengajukan permohonan untuk persetujuan booster vaksin kepada regulator medis Australia.

Australia sebenarnya sudah menyediakan booster vaksin untuk orang-orang yang memiliki riwayat gangguan kekebalan akut pada Oktober lalu.

Sejauh ini, jumlah populasi yang sudah divaksin penuh di Australia mencapai 74 persen, dan yang baru menerima satu dosis tercatat ada 87 persen.

Sementara itu, total kasus Covid-19 di Australia mencapai 130 ribu dengan 1.448 kematian.

(isa/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER