Menlu China Temui Taliban: AS Tanggung Jawab atas Krisis Afghanistan

has | CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 16:58 WIB
Menlu China bertemu dengan petinggi Taliban, Rabu (26/10). Dalam pertemuan itu, Wang menegaskan bahwa AS bertanggung jawab atas krisis di Afghanistan. Menlu China bertemu dengan petinggi Taliban, Rabu (26/10). Dalam pertemuan itu, Wang menegaskan bahwa AS bertanggung jawab atas krisis di Afghanistan. (AFP/Massimo Percossi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, bertemu dengan sejumlah petinggi Taliban di Qatar pada Rabu (26/10). Dalam pertemuan itu, Wang menegaskan bahwa Amerika Serikat bertanggung jawab atas krisis di Afghanistan.

"Wangi mengatakan bahwa terkait kesulitan sementara yang dialami Afghanistan, kami harus menegaskan bahwa AS dan sejumlah negara Barat memegang tanggung jawab besar," demikian keterangan di situs resmi Kementerian Luar Negeri China.

"China mendesak negara-negara ini bertanggung jawab dan segera mengambil tindakan untuk membantu mengatasi potensi krisis kemanusiaan dan melakukan pekerjaan nyata untuk kepentingan rakyat Afghanistan."


Sebagaimana dilansir Reuters, Afghanistan saat ini memang sedang dilanda krisis karena AS dan sejumlah pihak asing lain membekukan aset dan bantuan mereka.

Dalam pertemuan ini, Wang menekankan bahwa negara-negara di dunia harus menghargai dan berupaya berkomunikasi dengan semua pihak di Afghanistan untuk membantu mereka keluar dari krisis.

"Kami tak dapat menerima tekanan yang mendiskriminasi. Kami juga menentang ancaman dengan sanksi," demikian pernyataan Kemlu China.

Di sisi lain, China menekankan bahwa Afghanistan juga harus memenuhi berbagai tuntutan internasional agar mereka dapat menjalin hubungan baik dengan dunia.

Pertama, China menuntut Afghanistan membangun struktur politik yang lebih terbuka dan inklusif yang menggandeng berbagai kelompok etnis dan faksi.

"Kedua, menerapkan kebijakan luar negeri dan domestik yang moderat, termasuk perlindungan hak asasi juga kepentingan perempuan dan anak-anak," tulis Kemlu China.

Ketiga, Afghanistan juga diminta benar-benar memutus hubungan dengan kelompok-kelompok teroris, termasuk ISIS dan East Turkestan Islamic Movement, serta mengambil tindakan untuk melawannya.

Keempat, China juga meminta Afghanistan merancang kebijakan luar negeri yang damai, sembari hidup harmonis dengan negara lain.

(has/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER