Israel Bikin Radar Anti-Drone Iran

CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 21:16 WIB
Militer Israel kini tengah menciptakan radar untuk mencegah ancaman drone dari Iran yang kian meningkat di wilayah utara Israel. Foto ilustrasi drone. (northropgrumman.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Militer Israel (IDF) kini tengah menciptakan radar untuk mencegah ancaman drone dari Iran yang kian meningkat di wilayah utara Israel.

Angkatan Udara Israel (IAF) sendiri tengah menambah radar anti-drone mereka untuk dipasang di wilayah Utara Israel. Pembiayaan penambahan radar ini telah dialokasikan, dengan beberapa di antaranya berasal dari kesepakatan yang dilakukan Kementerian Pertahanan, Energi, dan Keuangan Israel.

Kini, IDF harus menghadapi kendaraan udara berteknologi canggih tanpa awak. Tak hanya itu, drone semakin sering digunakan oleh kelompok teroris untuk menyerang negara itu.


Mengutip Times of Israel, menghalau senjata tanpa awak (UAV), seperti drone, cukup sulit dilakukan. UAV sulit untuk dideteksi dibandingkan dengan pesawat berawak yang berukuran lebih besar, pun juga terbang di ketinggian yang lebih rendah.

Tak hanya itu, pola penerbangan UAV juga lebih sulit diprediksi bila dibandingkan dengan roket.

Pada 2019, Israel pernah mengalami serangan dengan drone dan rudal jelajah yang menyerang fasilitas perusuhaan minyak Arab Aramco mengalami kerusakan.

"Itu adalah serangan canggih yang berhasil menembus pertahanan Amerika Serikat dan Saudi. Orang yang mengatakan hal tersebut tidak dapat terjadi pada kami bukanlah seorang profesional," kata Kepala Intelijen Militer Israel, Aharon Haliva.

Ancaman serangan drone dan rudal jelajah pada Israel juga terus berkembang selama dua tahun terakhir. Salah satunya karena Iran dikabarkan mengekspor drone kepada sekutu Houthidi Yaman dan memberikan desain UAV ke Hamas dan kelompok jihadis Palestina, yang merupakan musuh Israel.

Pada Juni 2020, Israel juga sempat mengumumkan teknologi persenjataan terbaru berupa senapan laser udara yang bisa digunakan untuk tembak jatuh drone, roket, hingga rudal balistik.

Kepala Unit Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan Israel menyebut teknologi baru mereka ini sebagai tonggak sejarah untuk memperbarui sistem pertahanan mereka yang sudah kuat.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER