7 Negara Biang Kerok Emisi Karbon di Dunia

CNN Indonesia
Sabtu, 30 Okt 2021 09:30 WIB
Berikut tujuh negara yang menjadi biang kerok emisi karbon dan menyebabkan pemanasan global di dunia. Foto ilustrasi pabrik kimia di Leverkusen, Jerman, terbakar. (AFP/Roberto Pfeil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah negara menjadi biang kerok pemanasan global yang semakin lama semakin merusak bumi. Salah satu penyebabnya adalah produksi emisi karbon sejumlah negara yang semakin mengkhawatirkan.

Sementara itu, para pemimpin dunia akan berkumpul di Glasgow pada 1 November mendatang dalam KTT PBB terkait perubahan iklim (COP26) guna membahas progres negara-negara dalam menangani masalah perubahan iklim.

Gas rumah kaca menjadi alasan terjadinya pemanasan global, yang kemudian berimbas pada terjadinya perubahan iklim.


Panas Bumi terperangkap oleh gas rumah kaca dan menyebabkan suhu Bumi semakin panas. Layaknya selimut, gas rumah kaca membuat Bumi semakin hangat, dikutip dari NASA.

Indonesia masuk dalam sepuluh negara yang menyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di dunia. RI menyumbang 2,03 persen emisi gas yang mengotori udara dunia.

Sektor terbesar penghasil emisi gas rumah kaca di negara ini adalah listrik, kemudian disusul agrikultur dan transportasi.

Selain Indonesia, ini beberapa negara yang menjadi penyetor emisi gas rumah kaca terbesar di Bumi, dikutip dari data World Resources Institute (WRI):

1. China

China menjadi negara dengan predikat pertama yang menyumbang emisi gas rumah kaca dunia. Negara yang dipimpin oleh Xi Jinping ini menyumbang 26,1 persen emisi gas rumah kaca yang kini berada di atmosfer Bumi.

Sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca di China adalah listrik dan sektor perindustrian.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di peringkat kedua negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar Bumi.

Negara ini menyumbang 12,67 persen gas rumah kaca. Sektor penyumbang gas rumah kaca terbesar di AS ialah listrik dan transportasi.

3. Uni Eropa

Uni Eropa menduduki peringkat ketiga negara pelepas emisi gas rumah kaca terbesar di dunia.

Uni Eropa menyumbang 7, 52 persen emisi gas rumah kaca global. Seperti AS, listrik dan transportasi menjadi sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.



7 Negara Biang Kerok Emisi Karbon di Dunia - Halaman 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER