Pengusaha Asing Ungkap Sejarah Hubungan Dagang RI-Israel

rds | CNN Indonesia
Rabu, 24 Nov 2021 19:00 WIB
Terlepas dari penolakan RI menjalin hubungan formal dengan Israel, Jakarta dikabarkan telah lama menjalin relasi dagang dengan Tel Aviv. Ilustrasi perdagangan. (Foto: Adhi Wicaksono)

Shahaf mengatakan di era 1970-an, komoditas batu bara menjadi kunci utama relasi dagang Israel-Indonesia.

Mantan pejabat di kantor Perdana Menteri Israel itu mengatakan pada 2008, nilai perdagangan Indonesia dan Israel bahkan mencapai US$900 juta dan sebanyak US$300 jutanya berasal dari komoditas batu bara.

"Selama beberapa tahun ke depan, komoditas perdagangan (kedua negara) terus menurun. Dan sekarang mungkin hanya 550 juta dolar, di mana 84 persennya merupakan ekspor Indonesia ke Israel, dan sisanya ekspor Israel ke Indonesia," ucap Shahaf.

Shahaf menuturkan Indonesia banyak mengekspor produk pertanian, minyak sawit, kertas, dan kayu ke Israel. Sementara itu, Israel mengekspor komoditas teknologi canggih dan perangkat lunak siber ke Indonesia.

Shahaf berharap relasi dagang Tel Aviv dan Jakarta ini dapat dikembangkan menjadi lebih serius. Sebab, menurutnya, banyak pengusaha Israel yang tertarik berbisnis dan menanamkan modalnya di Indonesia.

"Tapi saat ini sayangnya tidak ada hubungan diplomatik antara kedua negara, yang membuat semua urusan bisnis tidak ada payung hukumnya," papar Shahaf.

Shahaf berharap Indonesia dapat mengembangkan hubungan bisnis dengan Israel seperti Turki.

Ia mencontohkan, Turki, yang juga merupakan negara mayoritas Muslim, masih bisa menjalin hubungan formal dengan Israel dan tetap lantang memperjuangkan solidaritas Palestina.

Turki bahkan dinilai menjadi negara mayoritas Muslim yang sangat vokal menentang pendudukan Israel terhadap Palestina.

"Saat ini, nilai dagang Israel-Turki mencapai US$6 miliar. Turki, jika dibandingkan dengan Indonesia, adalah negara kecil. Jadi bayangkan seberapa besar potensi dan manfaat jika kedua negara (RI-Israel) membangun kerja sama perdagangan," ucap Shahaf.

"Banyak hal yang dapat Israel tawarkan kepada Indonesia, begitu pula Indonesia, banyak yang dapat Anda tawarkan bagi Israel. Jadi ini cocok menurut saya," paparnya menambahkan.

(rds/bac)


[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER