Sidang Putusan Pengadilan atas Aung San Suu Kyi Akan Digelar Selasa

CNN Indonesia
Senin, 29 Nov 2021 05:01 WIB
Aung San Suu Kyi menghadapi tuntutan tiga tahun penjara jika terbukti melakukan penghasutan terhadap militer. Pemimpin terguling Myanmar, Aung San Suu Kyi. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin terguling Myanmar, Aung San Suu Kyi dijadwalkan akan hadir langsung untuk mendengar sidang vonis dalam perkara penghasutan, Selasa (30/11).

Suu Kyi menghadapi tuntutan tiga tahun penjara jika terbukti melakukan penghasutan terhadap militer.

Meskipun sudah dijadwalkan, sejumlah pengamat menilai bisa saja junta militer menunda pembacaan vonis atas Suu Kyi besok.


Wartawan dilarang mengikuti persidangan di pengadilan khusus di ibu kota yang dibangun militer Naypyidaw dan pengacaranya dilarang berbicara kepada media.

Suu Kyi diketahui dalam beberapa waktu terakhir bisa muncul di ruang sidang dengan tim hukumnya.

Untuk diketahui, selain dikudeta, junta menangkap SuuKyi dengan tuduhan terkait penggelapan radio panggil (walkie-talkies), melanggar pembatasan karena virus corona, juga kecurangan pemilu yang mengantar partainya--Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD)---menang pada 2020. or privilege in a VIP statehouse?"

Perempuan peraih nobel perdamaian itu diketahui telah ditahan sejak dikudeta militer pada 1 Februari 2020. Sejak saat itu protes berkecamuk di wilayah negara Asia Tenggara itu. Setidaknya 1.200 orang tewas, dan 10 ribu ditahan akibat aksi unjuk ras.

Sementara itu peradilan terhadap sejumlah tangan kanan Suu Kyi di NLD telah selesai beberapa di antaranya. Salah satunya mantan kepala menteri yang divonis 75 tahun penjara awal bulan ini.

(AFP/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER