6 Negara ASEAN Larang Masuk Pendatang dari Afrika Imbas Varian Omicron

CNN Indonesia
Senin, 29 Nov 2021 12:46 WIB
Sejak Covid-19 varian Omicron terdeteksi beberapa waktu lalu di wilayah Afrika, berbagai kawasan berlomba-lomba memperketat perbatasan, termasuk negara ASEAN. Ilustrasi. (Istockphoto/dmitriymoroz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak Covid-19 varian Omicron terdeteksi beberapa waktu lalu di wilayah Afrika, berbagai negara berlomba-lomba memperketat perbatasan. Sejumlah negara di Asia Tenggara juga turut melarang pendatang dari Afrika.

Berikut beberapa negara Asia Tenggara yang perketat perbatasan untuk mencegah penyebaran varian Omicron.

1. Indonesia

Pemerintah Indonesia melarang masuk warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal atau berkunjung dari Afrika Selatan untuk sementara waktu. Larangan ini berlaku mulai Senin (29/11), beberapa hari sejak dunia digemparkan dengan kemunculan varian Omicron.


Selain itu, warga asing yang berasal dari Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria juga dilarang masuk.

Tidak hanya itu, Indonesia juga menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, dan beberapa negara lain yang disebutkan sebelumnya.

Walaupun demikian, aturan ini tidak berlaku bagi WNA yang akan mengikuti pertemuan G20 pada 2022 mendatang.

2. Singapura

Singapura menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang ikut memperketat perbatasan mereka dalam menghadapi varian Omicron. Singapura melarang pendatang dari tujuh negara di Afrika masuk ke negara itu sejak Sabtu (27/11).

Aturan tersebut berlaku bagi pendatang asing yang memiliki riwayat perjalanan ke Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namina, Afrika Selatan, dan Zimbabwe.

Mereka yang berasal atau memiliki riwayat perjalanan dari tujuh negara itu tak akan diizinkan masuk bahkan transit melalui Singapura.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan aturan pembatasan baru itu akan berlangsung selama satu bulan. Pihak berwenang juga akan terus memantau dan memperpanjang kebijakan itu jika perlu.

3. Malaysia

Malaysia melarang masuk pendatang asing dengan riwayat perjalanan dari tujuh negara Afrika untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Pihak berwenang Malaysia mengumumkan larangan ini pada pekan lalu, tak lama setelah Afrika Selatan mengumumkan temuan kasus Covid-19 yang disebut-sebut lebih cepat menular itu.

"Pelancong yang dalam 14 hari belakangan punya riwayat perjalanan ke Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe tak diizinkan masuk Malaysia mulai hari ini," kata Penasihat Menteri Kesehatan Malaysia, Dimishtra Sittampalam, melalui Twitter, Jumat (26/11).

6 Negara ASEAN Larang Masuk Pendatang dari Afrika Imbas Varian Omicron

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER