KILAS INTERNASIONAL

China Minta RI Setop Bor Gas hingga Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi

has | CNN Indonesia
Kamis, 02 Dec 2021 06:22 WIB
Sederet kabar meramaikan berita internasional Rabu (1/12), dari China disebut pernah minta RI setop bor gas di Natuna hingga Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi. Ilustrasi. (istockphoto/Rawpixel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet kabar meramaikan berita internasional Rabu (1/12), mulai dari China disebut pernah meminta Indonesia menghentikan pengeboran minyak dan gas di Laut Natuna hingga Presiden Israel, Isaac Herzog, ke Masjid Ibrahimi.

1. China Pernah Minta RI Setop Bor Minyak dan Gas di Laut Natuna

China dilaporkan pernah mengajukan protes diplomatik mengenai atas pengeboran minyak dan gas alam yang dilakukan Indonesia di Laut Natuna. Beijing bahkan mendesak Jakarta untuk menghentikan pengeboran itu.

Seorang anggota DPR RI Komisi I, Muhammad Farhan, mengungkap bahwa China mengajukan protes ini melalui surat kepada Kementerian Luar Negeri.


"Jawaban kami sangat tegas, bahwa kami tidak akan menghentikan pengeboran karena itu adalah hak kedaulatan kami," kata Farhan kepada Reuters.

"(Surat itu) sedikit mengancam, karena itu adalah upaya pertama diplomat China untuk mendorong agenda nine-dash line mereka terhadap hak-hak kami di bawah Hukum Laut."

Selain itu, China juga memprotes latihan militer Garuda Shield yang dilakukan pada Agustus lalu. Latihan ini diikuti oleh 4.500 pasukan gabungan militer Amerika Serikat dan Indonesia, yang mana merupakan kegiatan rutin sejak 2009.

[Gambas:Video CNN]

2. Omicron Sudah Ada di Belanda sebelum Kasus dari Penerbangan Afsel

Belanda mengungkap bahwa kasus Omicron ternyata sudah ada di negaranya sebelum Afrika Selatan melaporkan kemunculan varian baru Covid-19 itu ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Institut Kesehatan Publik dan Lingkungan Nasional Belanda (RIVM) mengonfirmasi varian Omicron ditemukan pada dua sampel pasien Covid-19 yang diambil pada 19 November dan 23 November.

"Belum diketahui apakah orang-orang ini sempat mengunjungi Afrika Selatan atau tidak," demikian pernyataan RIVM yang dikutip Reuters.

Ahli virologi RIVM, Chantal Reusken, mengatakan bahwa salah satu pasien Covid-19 itu mungkin tertular di Belanda. Namun, mereka masih menyelidiki lebih lanjut.

Afrika Selatan sendiri melaporkan kemunculan varian Omicron itu ke PBB pada 24 November.

Sebelumnya, Belanda meyakini kasus pertama Covid-19 varian Omicron di negaranya terdeteksi pada sampel tanggal 26 November, ketika 14 penumpang pesawat dari Johannesburg dan Cape Town dinyatakan positif Covid-19.

[Gambas:Video CNN]

3. Presiden Israel ke Masjid Ibrahimi, Saudi hingga Yordania Naik Pitam

Selain masalah Covid-19, kabar mengenai Israel juga menarik perhatian. Presiden Israel, Isaac Herzog, menuai kritik dari Arab Saudi hingga Yordania karena mengunjungi Masjid Ibrahimi untuk merayakan Hanukkah.

AFP melaporkan bahwa Herzog memang berkunjung ke kompleks ibadah yang disebut umat Yahudi sebagai Gua Para Bapak Leluhur itu untuk mengikuti upacara penyalaan lilin pada Minggu (28/11) lalu.

Kompleks ibadah itu sudah lama menjadi titik panas, terutama setelah seorang warga Israel, Baruch Goldstein, melakukan penembakan massal yang menewaskan 29 umat Muslim Palestina pada 1994 silam.

Sejak saat itu, pihak berwenang Israel memisahkan kompleks tersebut menjadi dua bagian, yaitu untuk umat Muslim dan Yahudi.

Menurut Saudi, kunjungan Herzog kali ini merupakan "pelanggaran berat atas kesucian masjid itu."

Juru bicara Kemlu Yordania, Haitham Abu Al-Foul, juga menganggap kunjungan Herzog ini sebagai "pelanggaran hukum internasional" dan "langkah yang memicu ekstremisme."

(has/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER