3 Negara Tetangga RI Deteksi Varian Omicron

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 07:55 WIB
Singapura deteksi varian Omicron. (REUTERS/CAROLINE CHIA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Varian Covid-19 Omicron, yang pertama terdeteksi di Botswana, Afrika, sudah melintas ke berbagai negara. Bahkan varian itu sudah mendeteksi sejumlah negara tetangga Indonesia.

Penyebaran varian itu, kini menjadi ancaman baru bagi dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memasukkan varian Omicron ke dalam kategori varian of concern atau varian yang mengkhawatirkan.

Badan tersebut juga menyatakan varian Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dibanding varian lain dan dapat memicu reinfeksi atau infeksi ulang Covid-19.


Berikut sejumlah negara tetangga Indonesia telah mendeteksi varian Omicron sepekan ini.

1. Malaysia

Malaysia mendeteksi kasus pertama Omicron pada Jumat (3/12). Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaludin, mengatakan kasus pertama berasal dari pendatang yang baru datang dari Afrika Selatan.

Pendatang itu tiba di Singapura pada 19 November lalu, menurut laporan Reuters.

Khairy mengatakan, sejauh ini ada delapan orang yang sedang dalam pemantauan karena menjalin kontak erat dengan pasien yang terpapar Omicron.

"Delapan orang kontak erat dengan pasien Covid-19 varian Omicron yang akan menjalani tes PCR-swab hari ini," ujar Khairy seperti dikutip The Straits Times.



Singapura hingga Australia Deteksi Omicron

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER